Revitalisasi Alun-alun Cililin dan Lembang KBB Dinilai Tak Urgen: Masih Banyak Jalan Rusak

- Selasa, 18 Januari 2022 | 18:24 WIB
Rencana penataan ulang atau revitalisasi Alun-alun Cililin dan Lembang Kabupaten Bandung Barat (KBB) dinilai belum urgen. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Rencana penataan ulang atau revitalisasi Alun-alun Cililin dan Lembang Kabupaten Bandung Barat (KBB) dinilai belum urgen. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Rencana penataan ulang atau revitalisasi Alun-alun Cililin dan Lembang Kabupaten Bandung Barat (KBB) dinilai belum urgen. Dibanding hal itu, Pemerintah Daerah disarankan tuntaskan perbaikan jalan.

Sekretaris Komisi III DPRD KBB, Gumilar mengatakan pemerintah daerah saat ini berencana menggelontorkan uang APBD untuk beberapa proyek infrastruktur. Mulai dari revitalisasi Alun-alun Cililin dan Lembang, serta pembuatan tugu perbatasan di Cipatat dan Lembang

Gumilar menilai, proyek tersebut belum mendesak. Pasalnya, masih banyak infrastruktur jalan di KBB dalam kondisi rusak yang kerap dikeluhkan warga. Oleh sebab itu pemerintah didorong lebih mengutamakan perbaikan jalan karena nilai manfaatnya lebih dirasakan langsung oleh rakyat.

Baca Juga: 9 HP Samsung Terbaru Spek HP 5G Murah RAM 8 GB Mulai 3 Jutaan

"Target rezim Akur sampai 2023 adalah memperbaiki sebanyak 85,23 % dari total panjang jalan 525,570 KM. Yang tercapai sekarang baru 60,62 %. Menurutnya saya lebih fokus ke sini dulu," jelas politisi PKS ini. 

Selain infrastruktur jalan, Pemda juga harus mulai cari jalan keluar mengenai solusi sampah. Karena tahun 2023, TPA Sarimukti bakal tutup dan memakai TPA Legok Nangka. Ditambah ongkos angkutan ke Legok Nagka lebih mahal. 

"Skala prioritas yakni tentang sampah, tahu. depan kita bekerjasama dengan provinsi sangat besar biayanya. Ini kan perlu solusi penanganan sampah. Kabarnya akan bangun TPA sendiri bagaimana konsep dan pembiayaannya, itu lebih penting," ungkap Gumilar. 

Baca Juga: 55 Daftar HP Vivo Terbaru 5G Murah Mulai 2 jutaan

Selain belum mendesak, dewan kesulitan mencari cantolan proyek tersebut di RPJMD yang telah disusun. Gumilar belum menemukan proyek renovasi Alun-alun dan pembuatan tugu perbatasan di RPJMD Akur. 

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X