Gaji ASN Bandung Barat Diprediksi Cair Pekan Ini

- Selasa, 18 Januari 2022 | 12:38 WIB
Gaji ASN Bandung Barat cair pekan ini. Ilustrasi. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Gaji ASN Bandung Barat cair pekan ini. Ilustrasi. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Badan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) memprediksi penyaluran Gaji ASN Bandung Barat rampung pekan ini.

Diketahui, hingga 17 Januari 2022, ribuan ASN KBB belum menerima gaji bulan Januari 2022. Tak hanya ASN, pegawai honorer dan anggota DPRD KBB ikut telat menerima upah. Padahal mestinya, gaji ASN, tenaga honorer, dan anggota dewan paling telat disalurkan tiap tanggal 10.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) KBB, Agustina Piryanti mengatakan pencairan gaji ASN telat lantaran penyusunan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) tiap OPD belum rampung. 

Baca Juga: Gaji Masih Belum Cair, ASN Bandung Barat Dikejar Debt Collector hingga Kelimpungan Beli Beras

Meski begitu, hingga tanggal 18 Januari 2022, BPKAD mencatat ada 24 dari 47 OPD telah merampungkan penyusunan DPA. Artinya, sebagian ASN sudah bisa mendapat gaji bulan Januari 2022.

"Sudah ada 24 OPD tuntas. Saat ini sudah ada sebagian yang diberikan gaji," kata Agustina saat dihubungi.

Menurutnya, Pemda KBB memakai Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) dalam tata kelola keuangan. Dengan sistem ini terdapat tahapan-tahapan yang tidak bisa diloncat dari satu tahapan ke tahapan lainnya.

Termasuk pengeluaran uang untuk gaji ASN. Bisa dilakukan tatkala penyusunan DPA telah rampung. "Entri penyusunan DPA terus dilakukan. Insyaallah rampung semuanya Jumat ini. Jadi pekan ini semuanya selesai," jelas Agustina. 

Ia berharap para ASN bersabar karena perubahan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) ini. Menurutnya, dengan sistem ini tata kelola keuangan daerah lebih transparan dan akuntabel. 

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X