Jokowi ke Bandung, Bicara soal Gotong Royong di Tengah Pandemi dan Vaksinasi Jabar

- Senin, 17 Januari 2022 | 14:35 WIB
Menurut Jokowi, gotong royong dan Pacasila membuat kasus Covid-19 di Indonesia menurun drastis. (Ayobandung.com/Gelar Aldi S.)
Menurut Jokowi, gotong royong dan Pacasila membuat kasus Covid-19 di Indonesia menurun drastis. (Ayobandung.com/Gelar Aldi S.)
Menurut Jokowi, gotong royong dan Pacasila membuat kasus Covid-19 di Indonesia menurun drastis.
 
CIDADAP, AYOBANDUNG.COM -- Presiden RI Jokowi ke Bandung hari ini,  Senin, 17 Januari 2022, untuk memenuhi undangan Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) terkait Peresmian Gedung Pembelajaran Arntz-Geise.
 
Tak hanya itu, Jokowi ke Bandung juga memberikan Presiden Lecture kepada Mahasiswa-mahasiswi UNPAR.
 
Dalah kehadirannya di Unpar ini, Presiden Jokowi ke Bandung didampingi oleh Mendikbudristek, Nadiem Makarim.
 
 
Saat agenda Presiden Lecture, Jokowi menyampaikan bahwa Indonesia memiliki semangat gotong royong yang didasari oleh semangat Pancasila sebagai dasar negara.
 
Sebab menurutnya, gotong royong dan Pancasilalah yang membuat kengerian lonjakan Covid-19 di Indonesia kini dapat turun drastis.
 
"Kita memiliki yang namanya gotong royong, Pancasila kita ada di situ, negara besar tidak memiliki. Mereka tidak mempunyai rakyat di RT/RW mau memberikan rumahnya untuk isolasi karantina. Yang berada mau memberikan sembako kepada yang kesusahan," ujar Jokowi di Unpar.
 
 
"Pancasila itu ada, masih kuat sekali, itu yang tidak dimiliki negara lain. Banyak yang kaget," tambahnya.
 
Mantan Gubernur Jakarta itu juga mengapresiasi atas capaian vaksinasi di Jawa Barat yang melebihi 70 persen.
 
Menurutnya, capaian tersebut adalah hasil kerja sama semua pihak mulai dari Pemerintah pusat, Pemerintah Daerah, sampai perangkat yang paling bawah.
 
 
"30 provinsi telah mencapai target di atas 70 persen, termasuk Jawa Barat. Angka yang tidak kecil, itu bukan angka yang mudah untuk negara serumit Indonesia ini," ungkapnya.
 
Selain hadir di Unpar, Jokowi ke Bandung juga berkunjung ke Pasar Sederhana, Sukajadi. Di sini Jokowi didampingi Gubernur Ridwan Kamil dan Plt. Wali Kota Bandung, Yana.

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X