Buron 1,5 Tahun, Mantan Kades Cihawuk Bandung Tersangka Korupsi Berhasil Ditangkap

- Senin, 17 Januari 2022 | 10:32 WIB
Mantan kades Bandung tersangka korupsi berhasil ditangkap, Senin, 17 Januari 2022. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)
Mantan kades Bandung tersangka korupsi berhasil ditangkap, Senin, 17 Januari 2022. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Setelah buron selama lebih kurang 1,5 tahun, mantan Kades Cihawuk Bandung yang menjadi tersangka korupsi berhasil ditangkap.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan, mantan Kades Cihawuk berinisial AS tersebut diamankan pada 10 Januari 2022 lalu.

"Tersangka sebelumnya melarikan diri selama lebih kurang 1,5 tahun ke wilayah Sumatera Selatan. Pada 10 Januari kemarin, kami mendapat informasi dia datang ke Kecamatan Kertasari, dan kami lakukan penjemputan," ujar Kusworo, Senin, 17 Januari 2022.

Baca Juga: Daftar Lengkap Korban Longsor Pangalengan

Kasus dugaan korupsi yang dilakukan oleh AS, terungkap dari adanya laporan masyarakat karena pemerintahannya banyak melakukan pembangunan fisik, baik infrastruktur jalan, jembatan, dan fasilitas umum lainnya yang tidak sesuai sepesifikasi, seperti baru dibangun namun cepat rusak.

"Pembangunan fisik tersebut dilakukan dalam rentang 2016-2018," ungkapnya.

Dari laporan masyarakat tersebut, kata Kusworo, Unit Tipokor Polresta Bandung melakukan penyelidikan dengan hasil mengerucut kepada nama AS.

"Kami kerja sama dengan inspektorat untuk melakukan audit. Hasilnya ada kerugian negara sebesar Rp800 juta. Dari penggelapan pajak dan pembangunan tidak sesuai spesifikasi," paparnya.

Saat itu, AS telah ditetapkan tersangka. Namun dengan pertimbangan AS sedang dalam proses pencalonan Kepala Desa ditambah tidak ada indikasi akan menghilangkan barang bukti juga melarikan diri, Polresta Bandung tidak melakukan penahanan.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Artikel Terkait

Terkini

Anggaran BTT Kabupaten Bandung Masih Besar

Selasa, 24 Mei 2022 | 19:07 WIB
X