Misteri Usia Fosil Kerbau Purba di Bandung Barat

- Minggu, 16 Januari 2022 | 19:53 WIB
Tim Peneliti telah mengambil sampel arang dan pasir untuk mengukur usia fosil kerbau purba di Pulau Sirtwo Waduk Saguling, Bandung Barat. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Tim Peneliti telah mengambil sampel arang dan pasir untuk mengukur usia fosil kerbau purba di Pulau Sirtwo Waduk Saguling, Bandung Barat. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Tim Peneliti Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Indonesia (UI) telah mengambil sampel arang dan pasir untuk mengukur usia fosil kerbau purba di Pulau Sirtwo Waduk Saguling, Kampung Suramanggala RT 01 RW 01 Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Paleontolog ITB, Dr. Mika Rizki Puspaningrum mengatakan, pihaknya telah mengambil sampel arang untuk mengetahui usia fosil kerbau dengan metode penanggalan karbon (carbon dating). 

Selain itu, pihaknya juga membawa sampel pasir untuk mengetahui penanggalan dengan cara Opticle Stimulated Lumination atau OSL. Metode ini melihat kapan waktu terakhir lapisan pasir tersebut di sinari matahari. 

Baca Juga: Panjang Fosil Kerbau Purba Hampir 1 Meter di Waduk Saguling

"Ya tadi kita sudah ambil sampel arang untuk carbon dating dan sampel pasir untuk OSL," terang Mika saat ditemui di sela-sela ekskavasi fosil kerbau di pulau Sirtwo, Minggu, 16 Januari 2022.

Meski telah mengantongi sampel untuk menentukan penanggalan. Para peneliti belum bisa menentukan usia fosil kerbau tersebut.

Pasalnya, diperlukan analisis panjang untuk mengukur penanggalan. Ditambah keterbatasan alat di dalam negeri.

Tim peneliti melakukan penyelamatan fosil kerbau purba di Pulau Sirtwo Waduk Saguling, Kabupaten Bandung Barat. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

"Hasilnya tunggu publikasi kita. Cukup lama memang, setahun saja bisa dianggap cepat. Analisisnya gak bisa juga di Indonesia karena belum bisa. Jadi kita mesti kirim ke luar negeri," jelasnya.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X