Panjang Fosil Kerbau Purba Hampir 1 Meter di Waduk Saguling

- Minggu, 16 Januari 2022 | 19:21 WIB
Kondisi tanduk fosil kerbau purba itu berhasil terawetkan utuh dengan panjang hampir mencapai satu meter atau sekitar 90 sentimeter. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Kondisi tanduk fosil kerbau purba itu berhasil terawetkan utuh dengan panjang hampir mencapai satu meter atau sekitar 90 sentimeter. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

Kondisi tanduk fosil kerbau purba itu berhasil terawetkan utuh dengan panjang hampir mencapai satu meter atau sekitar 90 sentimeter.

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Tim peneliti UI, ITB, dan Museum Geologi berhasil menyelamatkan fosil kerbau purba di Pulau Sirtwo Waduk Saguling, Kampung Suramanggala RT 01 RW 01, Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), pada Minggu, 16 Januari 2022.

Fosil Kerbau Purba berhasil diselamatkan berupa dengan penampakan setengah tengkorak berserta satu tanduk bagian kiri.

Kondisi tanduk kerbau itu berhasil terawetkan utuh dengan panjang hampir mencapai satu meter atau sekitar 90 sentimeter.

"Jadi awalnya kita menyelamatkan dua fosil penting yang sempat tersingkap di permukaan. Pertama ada tulang rusuk gajah dan setengah tengkorak fosil kerbau purba. Untuk fosil kerbau awalnya hanya terlihat setengah wajah saja, ketika digali ditemukan tanduk yang panjang," kata Paleontolog dari UI, Sukiato Khurniawan di lokasi.

Baca Juga: Penyelamatan Fosil Kerbau Purba di Waduk Saguling Bandung Barat

Para peneliti melakukan penyelamatan dengan cara ekskavasi, melindungi dengan gips, dan mengangkatnya ke tempat aman. Langkah itu diambil guna menyelamatkan fosil dari genangan air waduk Saguling.

Pasalnya, kondisi fosil khawatir tenggelam atau rusak karena debit air meningkat.

"Bakal diamankan dulu ke rumah penduduk. Saya harap masyarakat bisa sama-sama menjaga. Karena ini warisan penting sejarah," tambahnya.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X