Penyelamatan Fosil Kerbau Purba di Waduk Saguling Bandung Barat

- Minggu, 16 Januari 2022 | 18:12 WIB
Tim peneliti melakukan penyelamatan fosil kerbau purba di Pulau Sirtwo Waduk Saguling, Kabupaten Bandung Barat. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Tim peneliti melakukan penyelamatan fosil kerbau purba di Pulau Sirtwo Waduk Saguling, Kabupaten Bandung Barat. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Tim peneliti dari Universitas Indonesia, ITB, dan Museum Geologi Bandung melakukan penyelamatan fosil kerbau purba di Pulau Sirtwo Waduk Saguling, Kampung Suramanggala, RT 01 RW 01, Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Minggu 16 Januari 2022.

Mereka melakukan ekskavasi kemudian melindungi fosil dengan cara membungkusnya dengan gips untuk diangkat dan diteliti lebih lanjut.

Peneliti menyelamatkan dua fosil hewan purba yakni tulang rusuk gajah dan setengah tengkorak fosil kerbau berserta satu tanduknya.

Paleontolog dari UI, Sukiato Khurniawan mengatakan langkah itu diambil guna menyelamatkan fosil dari genangan air waduk Saguling.

Baca Juga: Bumi Pancasona, Wisata Bandung Barat Sekaligus Tempat Asyik Olahraga

Pasalnya, kondisi fosil khawatir tenggelam atau rusak karena debit air meningkat. 

"Kami dari peneliti UI dan ITB serta Museum Geologi menyelamatkan beberapa fosil yang sudah sangat dekat dengan ketinggian air waduk. Saat ini air waduk telah mencapai 1 mater dari lokasi penemuan fosil. Khawatir dalam beberapa hari justru tenggelam dan tak terselamatkan, maka kita selamatkan dengan cara ekskavasi," tuturnya di lokasi.

Baca Juga: Polisi Buru 2 Tahanan Kabur di Bandung Barat, Sisir hingga Gunung Burangrang

Menurutnya, di kawasan Sirtwo Island tim peneliti menemukan beberapa hewan purba yang berasal dari kelompok Bovidae (sapi, kerbau dan banteng), Cervidae (kelompok rusa) dan Elepha maximus (gajah).

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X