Ini Alasan Vaksinasi Booster Kabupaten Bandung Baru Dilakukan ke Satgas Covid-19

- Jumat, 14 Januari 2022 | 19:29 WIB
Pemerintah Kabupaten Bandung mulai melakukan vaksinasi dosis ketiga atau booster. Namun sasarannya adalah Satgas Covid-19. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Pemerintah Kabupaten Bandung mulai melakukan vaksinasi dosis ketiga atau booster. Namun sasarannya adalah Satgas Covid-19. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kabupaten Bandung mulai melakukan vaksinasi dosis ketiga atau booster pada Jumat, 14 Januari 2021. Namun sasarannya adalah Satgas Covid-19.

Direktur RS Otista, Soreang, Riantini mengatakan, sesuai dengan arahan Presiden Jokowi, vaksinasi dosis ketiga diprioritaskan untuk lansia.

"Sebetulnya sudah bisa mulai vaksinasi booster untuk lansia, namun syaratnya dosis kedua harus sudah dilakukan 6 bulan," ujar Riantini, Jumat, 14 Januari 2021.

Sementara vaksinasi dosis kedua untuk lansia di Kabupaten Bandung tidak terlalu banyak. Di lain sisi sosialisasi untuk vaksinasi dosis kedua baru dilakukan beberapa hari.

Baca Juga: Vaksin Booster di Kabupaten Bandung Sudah Dimulai

Dengan kondisi tersebut, dikhawatirkan tidak terlalu banyak lansia yang datang untuk disuntik bosster.

"Kebetulan di Gudang Vaksin Kabupaten Bandung ada vaksin Astrazaneca yang mendekati masa expire, sehingga kemarin diputuskan untuk diberikan sebagai booster bagi Satgas Covid-19," paparnya.

Jika dibiarkan terlalu lama, vaksin akan melebihi masa kadaluarsa sehingga akan terbuang percuma.

Baca Juga: Pemkab Bandung Akan Buat Perda Intoleran


Dengan alasan tersebut maka vaksinasi dosis ketiga dimulai dengan sasaran satgas Covid-19. Terlebih mereka disuntik vaksin dosis pertama dan kedua menggunakan sinovac.

"Booster astrazaneca ini diperuntukan vaksin primernya sinovac," tutupnya.

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jalan Ali Sadikin Diusulkan Jadi Nama Tol Cisumdawu

Selasa, 25 Januari 2022 | 10:37 WIB

Perbedaan SPBU, Pertashop, dan Pertamini

Jumat, 21 Januari 2022 | 13:59 WIB
X