Proses Pelantikan Wali Kota Bandung Definitif Lamban, Indikasi Politik Tanpa Wakil?

- Jumat, 14 Januari 2022 | 11:30 WIB
Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan menanggapi lambannya proses pelantikan wali kota Bandung definitif. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan menanggapi lambannya proses pelantikan wali kota Bandung definitif. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Proses pelantikan Wali Kota Bandung Definitif selepas meninggalnya Oded M. Danial terkesan lamban. Pasalnya, hingga saat ini proses pemberhentian Wali Kota Bandung belum juga selesai.

Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan mengatakan, pihaknya sudah memberikan surat pemberhentian Wali Kota Bandung pada Jumat, 17 Desember lalu kepada Gubernur Jawa Barat untuk ditandatangani dan diteruskan ke Kemendagri.

"Saurna tos ditawis ku Gubernur, mung teu acan uninga (Katanya sudah ditandatangan oleh Gubernur, tetapi saya belum tahu) apa sudah dikirim ke Kemendagri atau belum," ujar Tedy saat dihubungi Jumat, 14 Januari 2022.

Baca Juga: Surat Pemberhentian Wali Kota Bandung Mandek di Gedung Sate, Pelantikan Plt Terhambat

Meski begitu, hingga saat ini belum ada informasi terbaru mengenai proses pemberhentian Wali Kota Bandung agar bisa berlanjut ke tahap pelantikan Wali Kota Bandung definitif.

Sementara itu, Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengungkapkan dirinya belum mengetahui perkembangan progres hal tersebut. Meski begitu, ia berpegang teguh pada proses yang sedang berjalan.

"Saya orang taat azas ya, ikut aja gak tau saya. Tapi tetep berproses saya pikir ini ya harusnya gak ada masalah," ujar Yana di Balai Kota Bandung, Jumat, 14 Desember 2022.

Di lain pihak, Pengamat dan Pakar Hukum Tata Negara, Prof. Asep Warlan Yusuf mengatakan, seharusnya proses pemberhentian dan pelantikan Wali Kota Definitif bisa berjalan lancar.

"Sebetulnya tidak ada nuansa politiknya untuk menetapkan definitif, karna jelas betul aturannya. Dari pemerintah diajukan ke dewan, dewan berikan kepada menteri melalui Gubernur. Sebetulnya sangat sederhana kalau penggantian ini karna meninggal dunia," ujar Asep Warlan saat dihubungi.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

200 Anak Spesial di Bandung Dapat Kado Lebaran

Jumat, 13 Mei 2022 | 16:45 WIB
X