14 Warga Jabar Positif Omicron, Diisolasi di 2 Lokasi

- Jumat, 14 Januari 2022 | 10:59 WIB
Kepala Dinkes Jabar Nina Susana Dewi. (dok. Ayobandung.com)
Kepala Dinkes Jabar Nina Susana Dewi. (dok. Ayobandung.com)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat (Dinkes Jabar) Nina Susana Dewi mengatakan, ada 14 warga Jabar yang terkonfirmasi positif varian Omicron. Sebanyak 10 orang dalam kasus Omicron Jabar ini melakukan isolasi di Wisma Atlet, Jakarta, dan 4 warga lainnya menjalani isolasi di RSUD Al-Ihsan.

"Semua sudah di-tracing, termasuk yang pernah kontak erat. Alhamdulillah, semua negatif," katanya, Kamis, 13 Januari 2022, dilaporkan Republika.

Ia menegaskan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat  sudah menyiapkan langkah antisipatif untuk menangani lonjakan kasus Covid-19 akibat varian Omicron. Selain kesiapan fasilitas kesehatan, penguatan testing, tracing dan treatment (3T) intens juga dilakukan di tingkat puskesmas.

Baca Juga: Antisipasi Omicron, Pemkab Cianjur Waspadai Warga Keluar Masuk Daerah

Nina berharap masyarakat Jabar tidak panik dan tetap waspada. Salah satu bentuk kewaspadaan itu tecermin dalam penerapan protokol kesehatan ketat dan vaksinasi.

"Kalau tidak hati-hati, kasus covid-19 pada bulan Februari bisa naik. Tapi penularan bisa tertahan atau landai jika kita bersama-sama meningkatkan prokes," ujar Nina.

Penanganan varian Omicron Jabar, kata Nina, sama dengan penanganan Covid-19 varian lainnya. Sementara pemerintah memperkuat 3T dan fasilitas kesehatan, masyarakat diminta tetap disiplin prokes dalam berkegiatan, menjauhi kerumunan, baik di ruang terbuka maupun tertutup, dan mengurangi mobilitas.

Menurut Nina, pengalaman penanganan gelombang dua pada pertengahan tahun lalu akan menjadi rujukan pemprov. Hal itu dimulai dari penyiapan tempat isolasi di level desa, kabupaten/kota, dan provinsi, gencar melakukan tes Covid-19 dan telusur kontak erat, sampai kesiapan obat-obatan dan alat pelindung diri (APD).

Baca Juga: Cegah Omicron, Ridwan Kamil: Mending ke Curug Cimahi daripada ke Cappadocia

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sah! Kota Bandung Deklarasi Jadi Kota Angklung

Sabtu, 21 Mei 2022 | 14:30 WIB
X