Ratusan Ruang Kelas Rusak Berat di Bandung Barat Direnovasi 

- Rabu, 12 Januari 2022 | 20:22 WIB
[Ilustrasi siswa belajar di sekolah] Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan melakukan percepatan perbaikan atau renovasi infrastruktur sekolah. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
[Ilustrasi siswa belajar di sekolah] Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan melakukan percepatan perbaikan atau renovasi infrastruktur sekolah. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM  -- Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan melakukan percepatan perbaikan atau renovasi infrastruktur sekolah. 

Tahun ini Disdik KBB bakal merenovasi 210 ruang kelas kategori rusak berat terdiri dari 140 sekolah jenjang SD dan SMP. 

Kepala Dinas Pendidikan KBB, Asep Dendih mengatakan, rehabilitasi ruang kelas ini memakai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) KBB dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

"Kita akan renovasi ruang kelas rusak sedang dan berat pakai APBD KBB dan DAK. Ini sebagai program pak Hengky Kurniawan untuk melakukan percepatan perbaikan infrastruktur pendidikan," kata Asep saat ditemui, Rabu 12 Januari 2022.

Baca Juga: Bandung Barat Waspada Potensi Transmisi Lokal Varian Omicron

Dalam pelaksanaannya, jelas dia, tidak hanya ruang kelas yang akan diperbaiki atau direhabilitasi, namun juga ruangan yang lain, misalnya laboratorium sekolah.

"Tidak hanya ruang kelas saja, tapi juga fasilitas ruangan sekolah lainnya," jelasnya.

Sebelumnya, Disdik mencatat 4.349 ruang kelas SD di KBB dalam kondisi rusak. Dari jumlah itu, dapat dirinci dengan kategori kerusakan ringan, sedang, dan berat yakni rusak berat tapi masih bisa digunakan totalnya 628 ruang kelas, rusak sedang sebanyak 680 kelas, dan rusak ringan dan kondisinya baik ada 3.041 kelas. 

Dari jumlah ini Disdik KBB bakal memprioritaskan renovasi untuk bangunan kelas SD dengan kondisi berat.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

289 Orang Daftar Anggota Panwascam di Bandung Barat

Jumat, 30 September 2022 | 17:10 WIB

Pemprov Jabar Dorong Petani Kopi Ekspor Tanpa Perantara

Jumat, 23 September 2022 | 19:07 WIB
X