Bandung Barat Waspada Potensi Transmisi Lokal Varian Omicron

- Rabu, 12 Januari 2022 | 19:47 WIB
[Ilustrasi tes PCR] Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mewaspadai potensi penyebaran Covid-19 varian Omicron dari tranmisi lokal.  (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
[Ilustrasi tes PCR] Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mewaspadai potensi penyebaran Covid-19 varian Omicron dari tranmisi lokal. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mewaspadai potensi penyebaran Covid-19 varian Omicron dari tranmisi lokal. 

Kepala Dinkes KBB Eisenhower Sitanggang mengatakan, pelonggaran kegiatan masyarakat saat ini tak dipungkiri berpotensi menimbulkan hadirnya transmisi lokal varian Omicron

Oleh karena itu masyarakat diminta tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan 5 M yakni mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Menurutnya, pemerintah daerah saat ini fokus terus melakukan pencegahan dan pengendalian potensi varian Omicron dengan menggencarkan pelacakan, pengetesan, dan pemantauan pasien isolasi. 

Baca Juga: Rumah Rusak Diterjang Angin Kencang, Warga Kertamukti KBB Mengungsi

"Perlu dicermati, mobilitas tinggi Jakarta-Bandung, ini tak tercegah. Transmisi lokal, kita akan meningkatkan 3 T. Seandainya transmisi lokal merebak, kita sudah siap," katanya, Rabu 12 Januari 2022.

Dinkes KBB telah menyiapkan tenaga kesehatan di puskesmas-puskesmas untuk menjalankan 3T (Tracing, Testing, Treatment). Selain itu, ketersediaan alat tes PCR dan antigen dipastikan aman. 

Baca Juga: Angin Kencang Sapu 219 Rumah di Cipatat Bandung Barat

Eisenhower menambahkan, pihaknya telah menyediakan kendaraan tes Covid-19 atau Mobile PCR untuk menjangkau lokasi klaster. 

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tenaga Honorer Dihapus 2023, TKK Bandung Barat Cemas

Senin, 24 Januari 2022 | 17:47 WIB

Harga Cabai Rawit Bandung Barat Perlahan Turun

Minggu, 23 Januari 2022 | 16:45 WIB
X