Cegah Omicron, Ridwan Kamil: Mending ke Curug Cimahi daripada ke Cappadocia

- Rabu, 12 Januari 2022 | 16:32 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil meminta warga Jabar tak keluar negeri. Ridwan Kamil dalam Peresmian Flyover Leuwigajah, Rabu, 12 Januari 2022. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Gubernur Jabar Ridwan Kamil meminta warga Jabar tak keluar negeri. Ridwan Kamil dalam Peresmian Flyover Leuwigajah, Rabu, 12 Januari 2022. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta warga menunda liburan ke luar negeri, terutama negara Turki karena kasus Covid-19 varian Omicron sedang meningkat.

"Imbauan sebagai mana kata pak presiden, dalam sebulan dua bulan ke depan jangan dulu keluar negeri. Karena negara-negara di luar ini sedang tinggi sekali. Saya tunjukkan khususnya golongan masyarakat menengah ke atas yang ingin piknik tahan dulu," kata Ridwan Kamil, Rabu 12 Januari 2022.

Untuk mencegah penyebaran varian Omicron, Pria akrab disapa Kang Emil ini mengajak warga berlibur di dalam negeri. Selain tak kalah indah, peluang terpapar virus relatif rendah.

Baca Juga: Kasus Omicron Jabar Jadi 8 Orang, di Kota Bandung Ada?

"Mendingan liburan ke Situ Bagendit atau Curug Cimahi. Daripada kita ke Cappadocia, Turki karena di sana lagi tinggi," jelasnya.

Berdasarkan data sementara, kasus Covid-19 varian Omicron di Jabar baru tercatat 8 kasus. Mayoritas berada di wilayah Kabupaten Bandung. Menurutnya, update kasus Covid-19 tetap dicatat tiap hari oleh Pikobar namun untuk memastikan varian Omicron harus melalui tes Whole Genome Sequencing (WGS) atau pengurutan genom.

"Kemarin kasus Covid ada 60-an, berapa omicronnya belum bisa, karena ngetes Omicron itu agak berbeda, untuk sementara mayoritas masih delta," jelasnya.

 "Jadi Omicron kita laporan terakhir ada sekitar 8 orang yang di daerah kita, belasan karantina, karena KTP Jawa Barat tapi datang dari luar negeri bukan penularan di lokal. Yang di lokal sekitar 8 orang, sebagian dirawat di Al Ihsan, Bandung," paparnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Pastikan 4 Warganya Terpapar Omicron, Dirawat di RSUD Al Ihsan

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rumah Satu Atap di Cimahi Dilalap Si Jago Merah

Selasa, 10 Mei 2022 | 15:10 WIB
X