Rumah Rusak Diterjang Angin Kencang, Warga Kertamukti KBB Mengungsi

- Rabu, 12 Januari 2022 | 14:08 WIB
Rumah Rusak Diterjang Angin Kencang, Warga Kertamukti KBB Mengungsi.
Rumah Rusak Diterjang Angin Kencang, Warga Kertamukti KBB Mengungsi.

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Nana Dedi (53) Warga RT 01 RW 21 Kampung Cikebil, Desa Kertamukti, Kabupaten Bandung Barat (KBB) terpaksa mengungsi usai angin kencang menyapu rumah miliknya, Selasa, 11 Januari 2022 sore.

Angin kencang disertai hujan deras menyebabkan 80 persen bangunan rumah Nana rusak. Bukan hanya atap, tembok dapur dan kamar rumah Nana ikut jebol. Saat ini, dia bersama 2 anggota keluarga harus mengungsi ke rumah kerabat.

"Iya harus mengungsi dulu ke rumah saudara. Ini genting dan tembok diperbaiki dulu. Saya juga khawatir turun hujan lagi kalau tetap di sini," kata Nana saat ditemui, Rabu 12 Januari 2022.

Menurutnya, kejadian aingin kencang yang menyapu rumahnya terjadi pada Selasa 11 Januari 2022, sekira pukul 14.30 WIB. Peristiwa itu berlangsung sekitar 30 menit. Beruntung tak ada korban jiwa karena Nana bersama penghuni rumah berhasil menyelamatkan diri.

"Hujan angin sekitar 30 menit. Saya bersama istri dan anak sedang di dalam, tiba-tiba terdengar suara keras bunyi tembok runtuh disertai suara pecahan genting. Untung kita cepat keluar," katanya.

Akibat kejadian tersebut, Nana menderita kerugian material sekitar Rp5-8 juta meliputi kerugian bangunan dan perabot rumah.

Rumah Rusak Diterjang Angin Kencang, Warga Kertamukti KBB Mengungsi

Sementara itu, Kepala Desa Kertamukti Sunaryo mencatat total rumah rusak akibat angin kencang ada 23 unit. Sementara warga yang mesti mengungsi ada sekitar 15 orang terdiri atas 5 kepala keluarga.

"Total rumah rusak di sini ada 218, sedangkan rusak berat ada 23 rumah. Namun yang mengungsi hanya 5 KK dengan jumlah anggota keluarga 15 orang," katanya.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

289 Orang Daftar Anggota Panwascam di Bandung Barat

Jumat, 30 September 2022 | 17:10 WIB

Pemprov Jabar Dorong Petani Kopi Ekspor Tanpa Perantara

Jumat, 23 September 2022 | 19:07 WIB
X