HW Dituntut Hukuman Mati, MUI Jabar: Kalau Hukum Islam Itu Dirajam!

- Rabu, 12 Januari 2022 | 13:46 WIB
Terdakwa HW dituntut hukuman mati dalam sidang tuntutan di PN Bandung, Selasa, 11 Januari 2022. (Ayobandung.com/Gelar Aldi S.)
Terdakwa HW dituntut hukuman mati dalam sidang tuntutan di PN Bandung, Selasa, 11 Januari 2022. (Ayobandung.com/Gelar Aldi S.)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat (Jabar) menyatakan setuju guru rudapaksa santriwati, HW dituntut hukuman mati oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Jabar.

Sekretaris umum MUI Jabar Rafani Achyar menilai, tuntutan hukuman mati untuk terdakwa HW sudah pantas, mengingat dia melakukan rudapaksa santriwati hingga mencapai 13 orang. Terlebih status HW kala itu adalah ustadz.

"Jadi intinya saya melihat di situ, dia menodai agama secara biadab. Apalagi dia labelnya ustaz, kalau dikaitkan dengan hukum islam itu harus dirajam, ya, jadi sesuailah tuntutan itu," kata Rafani ketika dikonfirmasi, Rabu, 12 Januari 2022.

Baca Juga: Ini Alasan HW Dituntut Kebiri Kimia oleh Jaksa

Dia berharap majelis hakim satu suara dengan tuntutan JPU terhadap terdakwa HW. Sehingga, lanjut Rafani, di kemudian hari tidak ada HW-HW lain yang berbuat tidak manusiawi kepada anak di bawah umur.

"Karena jaksa sudah menuntut itu (hukuman mati), harapannya hakim bisa sesuai dengan tuntutan jaksa. Jadi tuntutan itu ada esensi, karena untuk menimbulkan efek jera. Jadi, tidak ada yang lain-lain seperti itu," ujar Rafani.

Sebagaimana diketahui, terdakwa HW adalah guru rudapaksa santriwati. Korban mencapai 13 orang. Beberapa korban telah hamil dan melahirkan.

Selain hukuman mati dan kebiri kimia, JPU juga menuntut hukuman lain untuk terdakwa HW, antara lain:

1. Hukuman pidana tambahan pengumuman identitas dan kebiri kimia
2. Hukuman denda Rp 500 juta dan restitusi kepada korban Rp 331 juta
3. Pembubaran yayasan pesantren termasuk Madani Boarding School
4. Penyitaan aset dan barang bukti untuk dilelang

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X