HW Dituntut Hukuman Kebiri Kimia, Prosedur Apa itu?

- Selasa, 11 Januari 2022 | 15:24 WIB
Ilustrasi kebiri kimia -- HW, pelaku guru rudapaksa santriwati di Bandung dituntut hukuman mati dan kebiri kimia, prosedur apa itu? Simak ulasannya dalam artikel ini. (Pixabay)
Ilustrasi kebiri kimia -- HW, pelaku guru rudapaksa santriwati di Bandung dituntut hukuman mati dan kebiri kimia, prosedur apa itu? Simak ulasannya dalam artikel ini. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- HW, pelaku guru rudapaksa santriwati di Bandung dituntut hukuman mati dan kebiri kimia, prosedur apa itu? Simak ulasannya dalam artikel ini.

Diketahui HW, pelaku guru rudapaksa santriwati di Bandung dituntut hukuman mati dan kebiri kimia oleh Jaksa Penuntut Umum yang digelar dalam sidang tertutup di Pengadilan Negeri Bandung, Kota Bandung pada Selasa 11 Januari 2022. Berkenaan dengan tututan tersebut, apa itu kebiri kimia?

Prosedur kebiri kimia yang dilayangkan untuk HW, pelaku guru rudapaksa santriwati di Bandung adalah suatu tindakan pemberian suatu zat kimia atau obat.

Baca Juga: 2 Link Live Streaming Persita vs Persela BRI Liga 1 Sore Ini 15.15

Pemberian zat kimia dilakukan dengan cara penyuntikan atau bisa juga dilakukan dengan metode lain.

Penyuntikan dan penggunaan metode yang lain tersebut dilakukan kepada pelaku kejahatan atau pelaku tindakan pidana kekerasan atau ancaman kekerasan dan pelecehan seksual kepada anak.

Selain itu, peyuntikan itu diberikan sebagai hukuman atas tindakan persetubuhan secara paksa yang dilakukan pelaku terhadap anak maupun orang lain dan jumlah korban lebih dari satu orang.

Baca Juga: 25 HP Realme Terbaru 5G Murah, Cek Daftar Harga Januari 2022

Pasalnya, tindakan tersebut menimbulkan dan mengakibatkan luka berat, gangguan jiwa, penyakit menular, terganggunya fungsi reproduksi dan juga menimbulkan korban meninggal dunia. Hukuman kebiri kimia juga dilakukan untuk menekan hasrat seksual yang berlebih yang disertai rehabilitasi.

Ada beberapa persyaratan untuk melakukan tindakan kebiri kimia terhadap pelaku kejahatan kekerasan seksual

1. Pelaku pernah dipidana karena pernah melakukan kekerasan melakukan persetubuhan dengannya dan atau orang lain.
2. Korbannya lebih dari satu orang
3. Menimbulkan dan mengakibatkan luka berat, gangguan jiwa, penyakit menular, terganggunya fungsi reproduksi dan juga menimbulkan korban meninggal dunia
4. harus disertai rehabilitasi.

Baca Juga: 47 Daftar HP Xiaomi Terbaru 5G Murah, Cek Harga 2022

Secara sederhana, kebiri kimia itu adalah tindakan yang dilakukan dengan cara memberikan zat kimia dan diberikan obat. Biasanya dilakukan dengan disuntik atau dalam bentuk metode lain dan tujuannya untuk melemahkan hasrat seksual terhadap para pelaku pelecehan anak di bawah umur, contohnya HW, pelaku guru rudapaksa santriwati di Bandung.

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X