Digitalisasi Transportasi, Ridwan Kamil Ajak Masyarakat Naik Angkot Gunakan Jaramba

- Jumat, 7 Januari 2022 | 19:48 WIB
Dalam mempermudah masyarakat bepergian dengan angkutan umum, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar meluncurkan aplikasi Jaramba.
Dalam mempermudah masyarakat bepergian dengan angkutan umum, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar meluncurkan aplikasi Jaramba.
CICENDO, AYOBANDUNG.COM -- Dalam mempermudah masyarakat bepergian dengan angkutan umum, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar meluncurkan aplikasi Jaramba.
 
Jaramba adalah aplikasi berbasis website untuk memudahkan masyarakat bepergian menggunakan transportasi publik.
 
"Dengan aplikasi ini (Jaramba) warga bisa mengetahui sebelum pergi mau ke rute mana, naik satu jenis angkot saja atau harus crossing dengan bus atau ganti-ganti di titik mana. Itu diketahui sebelum pergi," kata Gubernur Jabar, Ridwan Kamil di Bandung, Jumat, 7 Januari 2022.
 
 
Pria yang kerap disapa Kang Emil itu mengatakan, kelebihan aplikasi Jaramba lainnya adalah dapat memberitahu pengguna posisi terkini moda transportasi terdekat, memberikan beberapa pilihan transportasi, informasi seputar rute perjalanan, jarak, dan waktu tempuh.
 
Tak hanya itu, kelebihan digitalisasi adalah Jaramba mendukung untuk pembayaran cashless. Terlebih kini masih dalam keadaan Covid-19, pembayaran yang tidak bersentuhan akan menjadi budaya baru.
 
"Tidak hanya jual beli online, tapi berkendaraan pun sudah menggunakan sistem online, sudah saatnya hijrah," ujarnya.
 
Di tempat yang sama, CEO Jaramba, Anugerah Nurewa menyampaikan, hadirnya Jaramba ini demi menuntaskan misi yang sederhana, yakni dapat mengkonversi perjalanan yang dilakukan kendaraan pribadi menjadi umum.
 
 
"Karena mobilitas adalah kebutuhan primer manusia modern, dan sistem mobilitas yang baik seharusnya terfokus pada pemindahan manusia, bukan kendaraan," kata Anugerah.
 
Jaramba bekerja sama dengan Kopamas Bandung dan DAMRI Bandung. Terdapat tiga trayek Kopamas yang dilalui, yakni Cimindi-Sederhana, St. Hall-Sarijadi, St. Hall-Gn Batu dan satu trayek DAMRI yaitu Alun-alun - Kota Baru Parahyangan.

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X