Kronologi Pencurian Kursi Taman Balai Kota Bandung, Pelaku Diduga Dua Orang

- Jumat, 7 Januari 2022 | 14:05 WIB
Petugas keamanan (satpam) Pemkot Bandung berhasil menggagalkan aski pencurian kursi taman Balai Kota Bandung, Jumat, 7 Januari 2022. (Instagram/Beritakotabandung)
Petugas keamanan (satpam) Pemkot Bandung berhasil menggagalkan aski pencurian kursi taman Balai Kota Bandung, Jumat, 7 Januari 2022. (Instagram/Beritakotabandung)
SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM — Petugas keamanan (satpam) Pemkot Bandung berhasil menggagalkan aski pencurian kursi taman Balai Kota Bandung, Jumat, 7 Januari 2022.
 
Menurut kesaksian salah seorang satpam, Shandhi, dirinya mendapatkan informasi ada aksi pencurian kursi milik DPU di trotoar Balai Kota Bandung sekitar pukul 04.30 WIB. Informasi itu dia dapatkan dari rekan satpam sebelumnya yang piket.
 
"Pelaku diduga dua orang, masih muda," kata Shandhi ketika ditemui di Balai Kota Bandung.
 
Shandhi menuturkan, pelaku menggunakan becak motor. Kendaraan itu dimaksudkan Untuk membawa kursi hasil curian, juga alat untuk mencuri.
 
Ketika aksi pencurian kursi taman Balai Kota Bandung ini ketahuan, satpam sempat mengejar pelaku.
 
"Di depan masjid (Al-Ukhuwah), pelaku menabrak trotoar dan para pelaku melarikan diri ke jalan Babakan Ciamis, dan meninggalkan becak motornya," katanya.
 
Ketika becak motornya diamankan, di sana terdapat kursi yang sudah direcah, besi tua PJU, dan alat bantu seperti gergaji.
 
Sebelumnya, Kepala Dinas Sumberdaya Air dan Bunamarga Kota Bandung, Didi Riswandi mengatakan, pelaku pencurian kursi taman balai Kota Bandung ini kabur.
 
Namun, pelaku kabur meninggalkan becak motor di lokasi kejadian. Becak motor itu digunakan pelaku untuk membawa perkakas dan hasil curian.
 
"Sebenarnya bukan hanya kursi, dengan PJU juga dan memang sebelum kejadian ini, 6 maung (ornamen JPU) hilang yang di Balai Kota, (dan) ketemu sama satpam," kata Didi di Bandung.
 
"(Pelaku) bawa berbagai alat, (kejahatan ini) sudah direncanakan, kalau (aksi) ini belum lihat alatnya, tapi bawa becak motor," lanjutnya.
 
Menurutnya, aksi kejahatan ini bukanlah yang pertama kalinya terjadi. Sebelumnya, terdapat aksi percobaan pencurian di kawasan Asia Afrika Bandung dengan objek yang sama.
 
"Sebelumnya oleh pedagang Cikapundung Barat di Jalan Asia Afrika, sudah diproses itu oleh pihak kepolisian," ujarnya.
 
"Kalau yang Asia Afrika (dengan cara) digoyang-goyang," lanjutnya.
 
Demi mengantisipasi kejadian serupa, pihaknya akan memasang CCTV di area publik, terutama di kawasan-kawasan yang rawan akan tindak pencurian.
 
"Ke depannya kita bisa memperbanyak CCTV, sebenarnya sudah ada perintah dari Pak Sekda kepada Diskominfo untuk memperbanyak CCTV di ruang-ruang yang rawan pencurian," kata Didi.
 
Didi mengaku sudah melaporkan kejadian ini kepada pihak yang berwajib.
 
Ketika dikonfirmasi ke Polsek Sumur Bandung, salah seorang unit Kanitreskrim merespons bahwa pihaknya sudah mendapatkan laporan adanya pencurian kursi taman Balai Kota Bandung, dan laporan tersebut akan diproses lebih lanjut. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X