Dishub Bandung Lakukan Rekayasa Lalu Lintas Satu Arah di Tiga Persimpangan

- Kamis, 30 Desember 2021 | 15:26 WIB
Rekayasa lalu lintas sistem satu arah di persimpangan Bandung, Kamis, 30 Desember 2021. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Rekayasa lalu lintas sistem satu arah di persimpangan Bandung, Kamis, 30 Desember 2021. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung menjalin kerja sama dengan Satlantas Polrestabes Bandung untuk melakukan rekayasa lalu lintas di tiga persimpangan.

Tiga persimpangan itu di antaranya Simpang Shabuhachi (Cisangkuy-Cilaki-Ciliwung), Simpang NISP (Lombok-Belitung-Bangka), dan Simpang Siliwangi Golf Driving Range (Lombok-Belitung-Bangka).

Kepala Bidang Manjemen Transportasi dan Parkir pada Dinas Perhubungan Kota Bandung, Khairur Rijal mengatakan, rekayasa ini dilakukan untuk meminimalisir tingkat kecelakaan yang sering terjadi di kawasan ini.

Baca Juga: Surat Pemberhentian Wali Kota Bandung Mandek di Gedung Sate, Pelantikan Plt Terhambat

"Pola di sini kalau itu dilakukan di dua arah sering muncul kecepatan tinggi. Apalagi, penerangan jalan juga tidak terlalu sempurna sehingga rawan terjadinya kecelakaan dengan pola dua arah. Harapan kita, zero accident lalu lintas lebih lancar kapasitas jalan lebih maksimal penggunaannya," ujar Rizal, Kamis, 30 Desember 2021.

Selain itu, pihaknya juga melakukan penataan kawasan dengan menambahkan area parkir guna mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan tersebut.

"kemudian kita coba meningkatkan sektor ekonomi dengan menambahkan kapasitas parkir," lanjutnya.

Sementara itu, Kanit Dikyasa Satlantas Polrestabes Bandung, Asep Kusmana mengatakan, sebelum dilakukan rekayasa, di simpang tersebut sering terjadi kecelakaan lalu lintas. Maka rekayasa ini dilakukan untuk menekan potensi terjadinya kecelakaan lalau lintas.

"Karena simpang ini bisa disebut simpang tidak beraturan karena simpang itu maksimal seharusnya 4 kaki. Yang berada di simpang ini ada 6 kaki. Oleh karena itu kita dibuat dengan marka jalan kita mengharapkan masyarakat nanti tertib," ujar Asep.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

200 Anak Spesial di Bandung Dapat Kado Lebaran

Jumat, 13 Mei 2022 | 16:45 WIB
X