Ajak Warga Kelola Sampah, Sahrul Gunawan Pungut Sampah di Pasar Banjaran

- Senin, 20 Desember 2021 | 21:23 WIB
Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan mengajak masyarakat untuk mengelola sampah dengan baik. Bahkan dia memberi contoh dengan memungut sampah. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)
Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan mengajak masyarakat untuk mengelola sampah dengan baik. Bahkan dia memberi contoh dengan memungut sampah. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)



BANJARAN, AYOBANDUNG.COM -- Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan mengajak masyarakat untuk mengelola sampah dengan baik.

Bahkan dia memberi contoh dengan memungut sampah di TPS Pasar Banjaran, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Aksi Sahrul Gunawan pungut sampah tersebut terekam dalam unggahan di akun instagram pribadinya. Ia mengunggah beberapa gambar di instagram lewat akun @sahrulgunawanofficial pada Senin, 20 Desember 2021.

Dalam keterangan foto unggahannya, Sahrul mengatakan jika sampah di Pasar Banjaran bukan hanya bersumber dari pasar, namun juga banyak warga yang membuang ke tempat tersebut.

Baca Juga: Banyak Jalan Menuju Objek Wisata Kabupaten Bandung Kurang Ideal

"Bari balanja ka pasar mawa runtah (Sambil belanja ke pasar membawa sampah)," kata Sahrul dalam keterangan fotonya.

Sampah yang dibawa masyarakat sambil berbelanja atau sekadar lewat dan membuang sampah ke TPS Pasar Banjaran, lama-lama membuat sampah terus menumpuk dan menjadi beban tambahan pengelola.

Padahal, pengelolaan sampah merupakan tanggung jawab bersama, bukan hanya pemerintah atau pihak pengelola pasar.

"Penanganan persoalan sampah adalah tanggung jawab bersama bukan saja menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi harus diawali dari kesadaran masyarakat agar bijak mengelola sampah," imbuhnya.

Baca Juga: Pelajar dan Mahasiswa Paling Banyak Gunakan Narkoba Saat Pandemi

Sahrul juga mengajak masyarakat untuk lebih bijak dalam melakukan pengelolaan sampah. Salah satunya adalah dengan melakukan pemilahan sampah organik dan anorganik.

"Karena dengan meminimalisir volume sampah dari rumah tangga akan sangat membantu dalam. proses distribusi pembuangan sampah ke TPS dan ke TPA," katanya.

 

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X