Kawanan Monyet Masuk Sekolah di KBB, Susah Cari Makan dan Habitat Asli Terancam

- Jumat, 17 Desember 2021 | 19:01 WIB
Peristiwa kawanan monyet ekor panjang turun gunung dan berkeliaran cari makan di lingkungan pemukiman warga kembali terulang di KBB. (Potongan Layar Tiktok)
Peristiwa kawanan monyet ekor panjang turun gunung dan berkeliaran cari makan di lingkungan pemukiman warga kembali terulang di KBB. (Potongan Layar Tiktok)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM — Peristiwa kawanan monyet ekor panjang turun gunung dan berkeliaran cari makan di lingkungan pemukiman warga kembali terulang di Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Kali ini, binatang dengan nama ilmiah Macaca fascicularis berkeliaran di lembaga pendidik Yayasan Darul Ihsan, Jalan Raya Lembang, RT 3 RW 6, Desa Gudang Kahuripan, Kecamatan Lembang. 

Bukan hanya sekali, salah satu gedung sekolah TK-SDIT Firdaus memang kerap didatangi kawaanan monyet.

Peristiwa terakhir terjadi pada Kamis 16 Desember 2021 kemarin, tepat ketika siswa sedang melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). 

Guru TK-SDIT Firdaus, Zeni Setiaji mengatakan, terakhir ada tiga ekor monyet yang masuk ke lingkungan sekolah dengan cara berkeliaran naik ke sejumlah gedung melalui tangga yang ada di gedung sekolah tersebut.

Baca Juga: Kawanan Monyet Liar Serbu Sekolah di Cimahi dan Bandung Barat

"Kemarin ketika saya mau ke masjid lihat ada monyet naik tangga. Saya lihat ada tiga ekor, agak besar dan yang satu jantannya lebih besar," katanya, Jumat 17 Desember 2021. 

Kawanan monyet tersebut berkeliaran di sekolah karena diduga habitat mereka sudah rusak dan sudah tidak ada lagi makanan yang secara alami seperti buah-buahan dan dedaunan.

"Sebelum masuk ke lingkungan sekolah, monyet itu juga sempat berkeliaran di rumah karena di dekat rumah ada pohon jambu, terus jambunya diambil," kata Zeni.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X