Siswa di Cimahi Buat Robot Pendeteksi Sampah, Belajar Otodidak dari YouTube

- Senin, 13 Desember 2021 | 19:02 WIB
Tiga orang siswa SMPN 10 Kota Cimahi berhasil membuat karya robot pendeteksi sampah berbekal belajar otodidak dari tutorial Youtube. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Tiga orang siswa SMPN 10 Kota Cimahi berhasil membuat karya robot pendeteksi sampah berbekal belajar otodidak dari tutorial Youtube. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM — Tiga orang siswa SMPN 10 Kota Cimahi berhasil membuat karya robot pendeteksi sampah berbekal belajar otodidak dari tutorial YouTube.

Ketiga siswa itu adalah Bima Arya Putra (14), Genta Syawal Putra Gumilang (14) dan Fahri Ramadhan (14). Mereka sama-sama duduk di bangku kelas 8.

Apa yang dilakukan para siswa di usia anak dibawah umur itu tentunya sangat menginspirasi.

Robot pendeteksi sampah di dalam gorong-gorong itu pun berhasil mendapat penghargaan medali perak dalam ajang Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KOPSI) Jenjang SMP Tahun 2021 Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa.

Fahri Ramadhan menceritakan, ide awal pembuatan robot itu berasal dari keresahan mereka soal banjir yang kerap menerjang Cimahi.

Salah satu penyebabnya ternyata adalah penumpukan sampah di dalam gorong-gorong. Sehingga aliran air dari hulu tersendat hingga meluber ke jalan termasuk di depan sekolah mereka sendiri.

Baca Juga: Inovatif! Warga Bandung Barat Ciptakan Es Robot dari Printer Bekas

Berangkat dari hal itulah akhirnya mereka berita berinovasi dan berkreasi menciptakan robot pendeteksi sampah di gorong-gorong, bermodalkan ilmu pengetahuan yang sudah didapat yang dikombibasikan dengan tontotan di YouTube.

"Jadi dengan robot ini ketika kondisi di dalam gorong-gorong terlihat apalagi banyak sampah, jadi bisa ditindaklanjuti sesegera mungkin sebelum terjadi banjir," terang Fahril.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rumah Satu Atap di Cimahi Dilalap Si Jago Merah

Selasa, 10 Mei 2022 | 15:10 WIB
X