Mensos Risma Izinkan BPNT Dicairkan dalam Bentuk Uang 

- Senin, 13 Desember 2021 | 18:26 WIB
Mensos Risma menegaskan penerima bantuan pangan non tunai (BPNT) boleh dicairkan dalam bentuk uang dan tidak harus menerima bantuan barang. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Mensos Risma menegaskan penerima bantuan pangan non tunai (BPNT) boleh dicairkan dalam bentuk uang dan tidak harus menerima bantuan barang. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM — Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Mensos Risma menegaskan penerima bantuan pangan non tunai (BPNT) boleh dicairkan dalam bentuk uang dan tidak harus menerima bantuan berbentuk barang. 

Menurut Risma, berdasarkan Peraturan Presiden nomor 63 tahun 2017 tentang penyaluran bantuan sosial secara non tunai, penerima bantuan itu tidak harus dalam bentuk barang. 

"Jadi sebetulnya di Perpres 63 tahun 2017, menerima bantuan itu tidak harus terima dalam bentuk barang. Tapi boleh dalam bentuk uang. Jadi kalau dia ngambil uang, misalnya dari ATM atau dari bank boleh itu," katanya saat ditemui di Lembang KBB, Senin, 13 Desember 2021.

Baca Juga: Buruh Bandung Barat Digaji di Bawah UMK, Hengky Kurniawan Diminta Turun Tangan

Selama ini BPNT diserap oleh keluarga penerima manfaat (KPM) melalui mekanisme penukaran dalam bentuk barang sembako dari agen (e-warung) yang sudah ditunjuk oleh Himbara. 

Meski demikian, Risma menegaskan bahwa pihaknya akan membuat alat untuk mengendalikan agar uang BPNT tersebut dipakai sesuai dengan kebutuhan para penerima manfaat. 

"Jadi di Perpres 63 itu tidak harus barang. Jadi  bisa berupa tunai, bisa berupa barang. Kalau misalkan warga takut, udah ambil aja tunai. Beli saja diwarung, hanya sekarang kita akan membuat bagaimana alat untuk pengendaliannya supaya belanjanya itu tidak rokok, minuman keras," ujarnya. 

Baca Juga: Buruh Kepung Gedung DPRD Bandung Barat, Lalu Lintas di Jalan Padalarang Macet

"Ini lagi kita akan siapkan untuk alat pengendalinya. Sehingga mereka bisa belanja memang sesuai kebutuhannya," imbuhnya. 

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X