Diserang dalam Kasus Perkosaan Santriwati, Atalia: Fokus Pada Solusi Bukan Sensasi

- Senin, 13 Desember 2021 | 14:53 WIB
Unggahan Atalia Praratya yang dituding menutupi kasus perkosaan santriwati di Bandung. (Instagram/@ataliapr)
Unggahan Atalia Praratya yang dituding menutupi kasus perkosaan santriwati di Bandung. (Instagram/@ataliapr)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya, mendapat serangan dari warganet yang menuding ia diam saja meski sudah mengetahui kasus perkosaan santriwati oleh guru di Bandung sejak Mei lalu.

Melalui akun Instagram pribadinya, Atalia buka suara. Ia menjelaskan, meski tak membuka kasus tersebut ke media, namun sudah banyak hal yang dilakukan.

"Sesungguhnya saya sangat memahami kemarahan netizen terhadap kondisi ini," tulis Atalia, sambil mengunggah tangkapan layar yang berisi tudingan-tudingan dari warganet di Twitter, Minggu, 12 Desember 2021.

Baca Juga: Warganet Nyinyiri Atalia Soal Kasus Perkosaan Santriwati di Bandung, Ridwan Kamil Buka Suara

Ia menuturkan, tak ada maksud tertentu untuk menutupi kasus guru di Bandung perkosa belasan santriwati dari media maupun publik. Menurutnya, tidak mengekspos bukan berarti menutupi.

"Sebagai Bunda Forum Anak Daerah Jabar, tugas saya memastikan para korban usia anak ini mendapat haknya dan mendapatkan perlindungan terbaik sesuai dengan UU Perlindungan Anak. Fokus pada solusi bukan sensasi," ujarnya.

Sejak Mei, Atalia mengatakan, ia sudah memastikan para korban telah ditangani secara profesional oleh Polda Jabar, UPTD PPA Jabar, P2TP2A kota kabupaten, kejaksaan tinggi, dan LPSK.

Penjangkauan, pemeriksaan, pendampingan, dan trauma healing bagi korban dan proses hukum bagi pelaku sudah dilakukan. Bahkan, kata dia, saat ini persidangan telah digelar untuk yang ke-6 kalinya.

Atalia menyayangkan tiba tiba ada banyak pihak yang berusaha mencari identitas dan mendekati para korban dan orang tuanya untuk menggali cerita mereka, serta mengusik kembali hidup mereka.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X