Jurnalis Ayobandung Sabet Juara Kedua Kompetisi PJBI Jawa Barat 2021

- Rabu, 8 Desember 2021 | 19:37 WIB
Jurnalis Ayobandung, Nur Khansa Ranawati, meraih juara dua dalam Penghargaan Jurnalistik Bank Indonesia (PJBI) Jawa Barat yang dimulai sejak 12 Oktober 2021. (Tangkapan Layar)
Jurnalis Ayobandung, Nur Khansa Ranawati, meraih juara dua dalam Penghargaan Jurnalistik Bank Indonesia (PJBI) Jawa Barat yang dimulai sejak 12 Oktober 2021. (Tangkapan Layar)
LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Jurnalis Ayobandung, Nur Khansa Ranawati, meraih juara dua dalam Penghargaan Jurnalistik Bank Indonesia (PJBI) Jawa Barat yang dimulai sejak 12 Oktober 2021. Mengangkat tema "UMKM Jabar Binangkit", kompetisi ini terbagi menjadi 4 kategori yaitu kategori media cetak, media online, video, dan foto story.
 
Melalui artikel berjudul "Kolaborasi Empat Kepala Rintis Fesyen Berkelanjutan yang Berdaya", Khansa berhasil menjadi juara kedua untuk kategori ficer media online bersaing dengan ratusan karya lain yang turut serta dalam kompetisi ini. Penjurian pun dilakukan berbagai kalangan mulai dari akademisi, praktisi, dan perwakilan dari BI Jawa Barat.
 
"Semoga dengan penghargaan ini bisa menjadi pecutan bagi saya dan rekan-rekan lainnya untuk terus berprestasi. Seneng juga bisa semakin mengharumkan nama Ayobandung," ujar wanita yang baru pertama kali mengikuti lomba ini.
 
 
Selain Khansa, 2 jurnalis dan 1 fotografer lainnya juga turut mengharumkan nama Ayobandung setelah masuk ke dalam daftar finalis. Yaitu Eneng Reni Nuraisyah Jamil melalui artikel berjudul "Menengok Geliat Inovasi Tenun Sutra Alam Majalaya di Tengah Pandemi", Rizma Riyandi melalui artikel "Menengok Canggihnya Teknologi Smart Digital Farming di Kampung Pengkolan Lembang", dan Kavin Faza melalui foto story "Jam Tangan Lokal Pala Nusantara yang Raup Untung di Tengah Pandemi".
 
Sementara itu, Kepala BI Jabar Herawanto mengatakan, kegiatan ini memberikan dukungan terhadap peran serta UMKM di Tanah Pasundan untuk terus berkreasi di kala pandemi yang dihilirnya mampu memberi dampak pada perekonomian nasional.
 
 
"Di Jabar UMKM memegang peranan penting bagi perkembangan ekonomi, sehingga menjadi isu penting yang dapat diangkat media dalam tulisannya. Bagaimana UMKM bergerak di masa pandemi, pengaruh IT dan juga green ekonomi UMKM menjadi isu menarik," ujar Herawanto pada acara penganugerahan karya jurnalistik PJBI 2021 di Savoy Homan, Bandung, Selasa, 7 Desember 2021.
 
Menurutnya, Jawa Barat memiliki jumlah UMKM terbesar kedua di Indonesia. Dari sektor ini setidaknya ada 22 juta pekerja yang bisa mendapatkan penghasilan. Angka tersebut belum termasuk kebermanfaatan UMKM untuk keluarga para pekerja.
 
Salah satu juri, Hazmirullah mengatakan, dalam PJBI 2021 seluruh karya tulis yang masuk ke panitia sangat menginspirasi. Mereka mampu mengangkat kisah UMKM mitra BI secara baik. Hal ini bagus karena bisa mendorong UMKM lain untuk bisa mencotoh mitra BI tersebut.
 
 
"Para jurnalis mampu mengambil cerita dan menyajikannya secara baik. Walaupun masih ada beberapa karya yang disajikan belum tuntas, tapi mayoritas sudah bagus dalam segi jurnalistiknya," ujarnya.
 
Untuk diketahui, para juara berhak menerima hadiah berupa uang tunai Rp7 juta untuk Juara 1, Rp5 juta untuk juara 2, dan Rp3 juta untuk Juara 3. Selain itu terdapat hadiah sebesar Rp1 juta untuk setiap finalis. Total hadiah dalam PJBI 2021 mencapai Rp100 juta.

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Citra Politisi di Media Digital Lebih Sulit Dikendalikan

Selasa, 27 September 2022 | 16:47 WIB

UMKM Binaan bank bjb Sukses Ekspor Produk ke Luar Negeri

Selasa, 27 September 2022 | 15:53 WIB
X