Buruh Pesimistis Tim Monitoring Pengupahan Bisa Ubah Besaran Gaji

- Selasa, 7 Desember 2021 | 17:59 WIB
Buruh Kabupaten Bandung pesimistis kinerja tim monitoring akan maksimal dalam melakukan pengawasan penerapan upah pekerja.ilustrasi (Pexels/Ahsanjaya)
Buruh Kabupaten Bandung pesimistis kinerja tim monitoring akan maksimal dalam melakukan pengawasan penerapan upah pekerja.ilustrasi (Pexels/Ahsanjaya)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Kelompok buruh Kabupaten Bandung pesimistis kinerja Tim Monitoring Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bandung akan maksimal dalam melakukan pengawasan penerapan upah pekerja.

Ketua FSPSI Kabupaten Bandung Adang mengatakan, secara aturan UMK hanya berlaku bagi pekerja yang masa kerjanya kurang dari 1 tahun.

Namun pada praktik di lapangan, perusahaan melakukan pengupahan berpatokan pada UMK, sehingga dengan tidak naiknya UMK 2022 maka perusahaan akan mengupah karyawan sebesar yang ditetapkan dalam keputusan Gubernur Jawa Barat.

Baca Juga: Head to Head Persita vs PSIS: Simak Prediksi Liga 1 Hari ini 18.15 WIB

"Faktanya, pekerja yang bekerja lebih dari 10 tahun saja gajinya tetap sama dengan UMK," ujar Adang, Selasa 7 Desember 2021.

Hal tersebut menunjukan jika skala upah yang menjadi ketentuan pengupahan bagi pekerja di atas 1 tahun, tidak menggunakan skema tersebut.

"Masalahnya perusahaan tetap mengacu pada UMK. Pekerja yang telah berkeluarga juga digaji dengan patokan UMK, tidak berdasarkan skala upah yang dituangkan dalam aturan," ujarnya.

Ironisnya kata Adang, hal tersebut terkesan dibiarkan oleh pemerintah. Bahkan tidak sedikit perusahaan di Kabupaten Bandung yang menggaji karyawannya di bawah UMK.

Baca Juga: PPKM Level 3 Nasional Batal, Padahal Pemkot Bandung Sudah Buat Perwal Nataru

"80% perusahaan di Kabupaten Bandung tidak melaksanakan UMK. Harusnya kan ada sanksi, jadi pengawasannya di mana? Pesimistis jika tim monitoring pengupahan yang dibentuk Pemkab Bandung akan berjalan. Sejak dulu juga sudah seperti itu," katanya.

Dengan kondisi lapangan yang banyak perusahaan tidak mengupah karyawan sesuai dengan aturan. Dia pesimistis tahun depan Tim Monitoring Pengupahan dari pemerintah mampu mengubah gaji buruh menjadi lebih baik.

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jalan Ali Sadikin Diusulkan Jadi Nama Tol Cisumdawu

Selasa, 25 Januari 2022 | 10:37 WIB
X