Pendidikan Islam Melahirkan SDM Unggul dan Berkualitas

- Selasa, 7 Desember 2021 | 15:24 WIB
Sejumlah siswa mengikuti Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SD 065 Cihampelas, Jalan Cihampelas, Kota Bandung, Selasa, 7 Desember 2021. Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung menyebutkan sebanyak 778 sekolah di Kota Bandung siap menggelar PTMT gelombang ke-3 serta sedang menunggu hasil verifikasi.  (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Sejumlah siswa mengikuti Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SD 065 Cihampelas, Jalan Cihampelas, Kota Bandung, Selasa, 7 Desember 2021. Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung menyebutkan sebanyak 778 sekolah di Kota Bandung siap menggelar PTMT gelombang ke-3 serta sedang menunggu hasil verifikasi. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

Ketika pendidikan berbasis aqidah yang berasal dari Alquran dan Assunnah, seperti bagaimana pola sikap dan pola pikirnya, akan membentuk kepribadian Islam.

Sumber daya manusia merupakan bagian terpenting dalam sebuah negara bagaimana mungkin bisa berjalan sendi-sendi kehidupan jika sumber daya manusianya saja tidak disiapkan. Maka tak heran berbagai program pun digulirkan baik oleh pemerintah pusat maupun daerah demi menciptakan SDM yang unggul dan berkualitas.

Begitu pun yang dilakukan oleh pemprov Jawa barat diantara programnya adalah meningkatkan SDM yang berkualitas yang memiliki kompetensi dan kemampuan yang bisa bersaing dikancah global yaitu dengan melakukan kerja sama dengan Korsel (korea selatan).

Adapun bentuk kerja sama itu meliputi tiga bidang, yaitu ekonomi, pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development) dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).  Khusus pengembangan SDM, Provinsi Chungcheongnam (Korsel) sendiri sudah memiliki Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang khusus K-Pop. (Pikiranrakyat.com 36/11/21).

Baca Juga: Perpustakaan di Pelosok Cicalengka Ini Dirintis Remaja

Menilik lebih dalam terkait kerja sama tersebut, meskipun memang sejalan dengan upaya Pemda Provinsi Jabar untuk mendorong program vokasi. Hanya saja, akibat yang ditimbulkan dari kerja sama ini hendaknya lebih dipikirkan juga.

Pengembangan SDM melalui SMK K-Pop tersebut kemungkinan bisa mewujudkan SDM yang sesuai dengan yang diinginkan pemerintah. Namun apakah bisa juga memujudkan generasi yang berkualitas secara, pemikiran, moral dan spiritual atau justru malah menjadikan generasi saat ini menjadi generasi yang lebih liberal. Generasi yang bebas mengekpresikan dirinya tanpa batas-batas aturan.

Seperti itulah gambaran kehidupan saat ini yang bersistemkan kapitalisme sebuah sistem yang mengukur SDM unggul dan berkualitas hanya sebatas yang bisa menghasilkan materi semata. Siapa yang bisa menghasilkan profit besar maka dianggap SDM yang berkualitas. Padahal yang merasakan keuntungannya mereka para pemilik modal.

Baca Juga: Teknologi Artificial Intelligence dalam Dunia Pendidikan: Memanfaatkan atau Digantikan

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mempelajari Karakter Orang Melalu Kebiasannya

Minggu, 23 Januari 2022 | 10:00 WIB

Geotrek, Belajar di Alam dengan Senang dan Nikmat

Jumat, 21 Januari 2022 | 08:25 WIB

Mengenal Manfaat Transit Oriented Development (TOD)

Rabu, 19 Januari 2022 | 12:35 WIB

Kapitalisme Kekuasaan Zaman

Senin, 17 Januari 2022 | 16:45 WIB

Geotrek Lintas Kars Citatah

Jumat, 14 Januari 2022 | 15:01 WIB

Adopsi Spirit Doll: Antara Tren, Sugesti, dan Delusi

Kamis, 13 Januari 2022 | 14:53 WIB

Rekor! Menlu AS Kunjungi 112 Negara

Selasa, 11 Januari 2022 | 15:15 WIB
X