Dikelilingi Pegunungan dan Dilalui Sesar Lembang, Bandung Siaga Bencana

- Selasa, 7 Desember 2021 | 12:25 WIB
Apel Kesiapsigaan Bencana Hidrometrologi Bandung di Plaza Balai Kota Bandung pada Selasa, 7 Desember 2021. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Apel Kesiapsigaan Bencana Hidrometrologi Bandung di Plaza Balai Kota Bandung pada Selasa, 7 Desember 2021. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kota Bandung berupaya meningkatkan kewaspadaan dan mitigasi bencana dengan melaksanakan Apel Kesiapsigaan Bencana Hidrometrologi Bandung di Plaza Balai Kota Bandung pada Selasa, 7 Desember 2021.

Hal ini dilakukan mengingat curah hujan yang mulai tinggi serta letak geografis Kota Bandung yang berada di cekungan dan dikelilingi pegunungan serta berada di bawah patahan atau Sesar Lembang.

Maka dari itu, Kota Bandung memiliki risiko cukup tinggi terjadinya bencana, seperti gempa bumi dan banjir.

Baca Juga: Hujan Deras Guyur Kota Bandung, Cingised Diterjang Banjir Lumpur

Wali Kota Bandung Oded M Danial mmenyebutkan, potensi bencana di Kota Bandung relatif berbeda dengan kota atau kabupaten lain.

"Hari ini kita menyelenggarakan apel kesiapsiagaan bencana, ini upaya kita Kota Bandung hadir dan terus berupaya dalam siap siaga bencana walau Kota Bandung mungkin tidak seperti kota-kota yang lain punya laut," ujar Oded.

Oded melanjutkan, potensi bencana yang dapat muncul di Kota Bandung antara lain banjir, longsor dan lebih jauh terkait sesar Lembang serta Tangkuban Perahu. Oleh sebab itu, pihaknya memastikan para personil sudah siap siaga terhadap potensi bencana yang ada.

Selanjutnya, guna memperkuat Kesiapsigaan Bencana, pihaknya membentuk Kampung Tanggap Bencana di 5 kelurahan yang berada di lokasi rawan bencana. Secara bertahap, setiap kelurahan di Kota Bandung diharapkan dapat memiliki Kampung Tanggap Bencana untuk mitigasi bencana.

"Ada 5 Kelurahan yang sudah ada, nanti kita akan bertahap, masyarakat diminta dilatih untuk tanggap darurat," bebernya.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BMKG Ungkap Penyebab Hujan Es di Kota Bandung

Selasa, 24 Mei 2022 | 12:58 WIB

Sah! Kota Bandung Deklarasi Jadi Kota Angklung

Sabtu, 21 Mei 2022 | 14:30 WIB
X