Prakiraan Cuaca Bandung Hari Ini 6 Desember 2021, Ada Hujan Petir di Wilayah Ini

- Selasa, 7 Desember 2021 | 06:30 WIB
Prakiraan cuaca Bandung hari ini. Ilustrasi. (Ayobandung.com/Fuad Mutashim)
Prakiraan cuaca Bandung hari ini. Ilustrasi. (Ayobandung.com/Fuad Mutashim)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Prakiraan cuaca Bandung hari ini, Selasa, 7 Desember 2021, akan terjadi hujan intensitas ringan hingga hujan petir. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan akan terjadi siang hingga malam.

  • Di Kota Bandung, hujan intensitas ringan akan mengguyur semua daerah pada siang hingga sore. Hujan akan berlanjut pada malam di wilayah Astanaanyar, Bojongloa Kaler, Bojongloa Kidul, Cicendo, Cidadap, Gedebage, dan Sukasari.
  • Di Kabupaten Bandung, hujan akan terjadi pagi hari di wilayah Cicalengka, Cikancung, Cilengkrang, Ibun, dan Kertasari. Selanjutnya hujan akan mengguyur semua wilayah hingga sore.
  • Di Kabupaten Bandung Barat, hujan dengan intensitas ringan akan terjadi di semua kecamatan dari siang hingga malam. Waspadai hujan petir di Cihampelas, Cikalongwetan, Cipatat, Cipeundeuy, dan Gununghalu.
  • Di Kota Cimahi, hujan intensitas sedang akan terjadi siang hari, disusul hujan ringan pada sore hingga malam hari. Siang hari cuaca cerah berawan.

Suhu Bandung hari ini antara 21 hingga 31 derajat Celcius. Angin dalam Cuaca Bandung BMKG bertiup ke arah Barat daya dengan kecepatan rata-rata hingga 20 km per jam.

Baca Juga: 7 Tips Aman Berkendara saat Hujan, Meminimalisir Risiko Kecelakaan Lho!

6 tips merawat motor saat musim hujan

Hujan deras, jalanan berlubang, genangan air, dan lainnya, adalah beberapa dampak tingginya curah hujan di Bandung Raya. Selain membuat kesulitan pengendara saat berkendara, tapi juga mesti merawat kendaraan dengan baik agar berjalan optimal.

Karena tak jarang kendaraan harus sampai masuk ke bengkel untuk perawatan dan itu memerlukan biaya yang tidak sedikit.
 
Namun tenang, ada beberapa tips yang dapat dilakukan para pengendara agar kendaraannya baik mobil ataupun motor, kondisinya tetap prima walau di tengah musim hujan.
 
Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 6 tips merawat motor saat musim hujan:

1. Kendaraan Segera Cuci
Bila kendaraan terkena hujan saat dalam perjalanan, maka sebaiknya segera dicuci dengan benar. Hal ini dapat mencegah terjadinya beberapa bagian kendaraan berkarat dan bahkan ditumbuhi jamur.
 
 
2. Rutin Periksa Kondisi Roda dan Rem

Musim hujan membuat jalanan menjadi licin dan tak jarang membuat lubang di jalanan. Hal tersebut mengakibatkan roda mesti bekerja lebih dan tuas rem pun ekstra digunakan.
 
Sebaiknya rutin memeriksa kondisi roda apakah menjadi gundul dan rem apakah kampasnya telah habis. Karena dengan begitu maka bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan ketika sedang berkendara.

3. Sering Periksa Mesin
 
Pengendara kerap kali tidak sadar bahwa air hujan dapat masuk ke mesin dan hal tersebut dapat menimbulkan masalah serius.

4. Selalu Panaskan Mesin

Ketika motor terkena hujan, maka komponen mesin akan dingin sepenuhnya. Bila pengendara langsung tancap gas tanpa memanaskan mesin terlebih dahulu setelah mesin kehujanan, dikhawatirkan akan terjadi turun mesin dan kondisi motor pun cepat rusak.
 
5. Periksa Komponen Kelistrikan

Selain mesin, air yang masuk ke dalam mesin juga dapat menyebabkan konsleting pada komponen kelistrikan, seperti lampu, klakson, dan kabel-kabel lainnya.
 
Sebaiknya selalu memeriksa kelistrikan ini tepat sebelum berangkat perjalanan.
 
 
6. Perhatikan Body Kendaraan
 
Tak sedikit pengendara yang menyadari bahwa body kendaraannya mengalami lecet atau penyok lantaran terkena cipratan kuat dari air pada lubang jalan.
 
Demikian enam tips merawat motor saat musim hujan supaya nyaman dan aman dalam perjalanan. Semoga bermanfaat.

Demikian prakiraan cuaca Bandung hari ini. Pastikan Anda selalu menjaga keamanan dan keselamatan berkendara.

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X