Revitalisasi Kawasan Alun-alun Bandung Habiskan Dana Ratusan Juta, Apa Saja? 

- Senin, 6 Desember 2021 | 17:16 WIB
Revitalisasi kawasan Alun-Alun Bandung yang terdiri dari pebaikan di Jalan Dalem Kaum dan Kepatihan menelan angka sekitar Rp600 Juta.  (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Revitalisasi kawasan Alun-Alun Bandung yang terdiri dari pebaikan di Jalan Dalem Kaum dan Kepatihan menelan angka sekitar Rp600 Juta. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM — Revitalisasi kawasan Alun-alun Bandung yang terdiri dari pebaikan di Jalan Dalem Kaum dan Kepatihan menelan angka sekitar Rp600 Juta. 
 
Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Didi Ruswandi mengatakan, DPU mengeluarkan anggaran sekitar Rp200 juta. 
 
"Mulai dari pembenahan trotoar yang juga bekerja sama dengan DPKP3. Sedangkan untuk pengadaan bangku dan lainnya kami menggunakan yang ada di gudang," kata Didi pada Senin, 6 Desember 2021. 
 
"Sampai sekarang sedang berjalan dan mudah-mudahan selesai sesuai target peresmian Rabu (8 Desember 2021) mendatang," harapnya. 
 
 
Revitalisasi tersebut, ujar Didi, di jalan Kepatihan dilakukan pelebaran, penyempurnaan jalur difabel, serta penambahan street furniture.
 
"Karena trotoar dinilai sempit, banyak hambatan di trotoar, dan street furniture yang tidak memadai," jelasnya lagi. 
 
Di samping itu, trotoar yang memiliki panjang 240 meter tersebut akan dihiasi oleh tanaman. Termasuk juga antara trotoar dengan jalan utama akan dibangun jalur sepeda.
 
"Pohon-pohonnya nanti akan langsung ditanam di tanah. perbedaannya nanti akan kita tambah 'street furniture' seperti tempat duduk," imbuhnya.
 
 
Sedangkan untuk trotoar Jalan Dalem Kaum lebih memakai konsep penghijauan. Sehingga dalam revitalisasi ini peran DPKP3 lebih mendominasi.
 
"Karena terlihat gersang. Beberapa perkerasan mulai usang. Perlu ada perubahan termasuk salurannya yang sudah perlu penataan, dan 'street furniture' yang kurang memadai," tuturnya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas DPKP3, Dadang Darmawan menjelaskan anggaran untuk revitalisasi kewasan Dalem Kaum yakni Rp200 juta, begitu juga untuk kawasan Kepatihan. 
 
 
"Kurang lebih Rp400 juta, itu untuk pengadaan interior serta tanaman dan lainnya," katanya.
 
Sebelumnya, Didi mengatakan, revitalisasi kawasan Alun-alun, tentu saja sesuai amanat dari Peraturan Daerah (Perda) No 18 Tahun 2011 tentang RT/RW dan Perda No 10 Tahun 2011 tentang RDTR bahwa alun-alun sebagai kawasan strategis kota berdasarkan kepentingan ekonomi.
 
"Jadi alun-alun harus menjadi magnet ekonomi kota, salah satu untuk menjadi magnet harus memiliki daya tarik," kata dia. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BMKG Ungkap Penyebab Hujan Es di Kota Bandung

Selasa, 24 Mei 2022 | 12:58 WIB

Sah! Kota Bandung Deklarasi Jadi Kota Angklung

Sabtu, 21 Mei 2022 | 14:30 WIB
X