BUMDes Kabupaten Bandung Kurang Efektif, Aktif Hanya 5%

- Senin, 6 Desember 2021 | 16:34 WIB
ilustrasi program bank sampah BUMDes; Keberadaan BUMDes Kabupaten Bandung kurang efektif. Bahkan dari 270 desa hanya 5 persen saja badan usaha tersebut yang dikategorikan aktif. (Ayobandung.com)
ilustrasi program bank sampah BUMDes; Keberadaan BUMDes Kabupaten Bandung kurang efektif. Bahkan dari 270 desa hanya 5 persen saja badan usaha tersebut yang dikategorikan aktif. (Ayobandung.com)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Keberadaan BUMDes Kabupaten Bandung kurang efektif. Bahkan dari 270 desa hanya 5 persen saja badan usaha tersebut yang dikategorikan aktif.

Bupati Bandung Dadang Supriatna pun mengkritisi keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang kurang efektif ini.

Dadang mengatakan, sejatinya pembentukan BUMDes di Kabupaten Bandung dilakukan untuk membantu ekonomi masyarakat selain sebagai sarana usaha desa yang bisa mendongkrak Pendapatan Asli Desa.

Baca Juga: PPKM Level 3 Saat Libur Nataru, Wisata Air Kabupaten Bandung Harus Tutup

Namun kenyataan di lapangan, BUMDes di Kabupaten Bandung kurang begitu menjanjikan. Lebih dari 90 persen badan usaha milik desa tersebut tidak memiliki prosepek yang bagus.

"Kelihatannya hanya 5% BUMDes yang ada itu dikategorikan aktif dan bagus," ujar Dadang, Senin 5 Desember 2021.

Dengan kondisi tersebut, Dadang mengatakan pihaknya akan melakukan evaluasi besar-besaran terhadap BUMDes di Kabupaten Bandung.

Baca Juga: Harga Huawei Nova 9 di Indonesia, Cek Daftar Spesifikasinya

"Kami akan lakukan pembinaan kepada BUMDes yang kurang aktif," katanya.

Dia menjelaskan, Pemkab Bandung berencana membentuk Badan Usaha Daerah (BUMD) yang bergerak dalam bidang perdagangan, industri dan agro juga wisata.

BUMD yang akan dibentuk tersebut, diproyeksikan juga menggaet BUMDes untuk berkolaborasi dalam bidang usaha tertentu.

Baca Juga: 36 HP Samsung Terbaru, Intip Bocoran Harga Samsung Galaxy S21 FE

"BUMD yang akan menggerakkan, nanti bisa berkolaborasi dan bisa bekerjasama dengan Bumdes yang ada di desa masing-masing" katanya.

Dengan begitu, diharapkan BUMDes Kabupaten Bandung yang kurang aktif tersebut akan terdongkrak usahanya sehingga bisa memiliki nilai kebermanfaatan baik bagi masyarakat, maupun desa.

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X