DBHCHT Kabupaten Bandung Memiliki Nilai Manfaat

- Jumat, 3 Desember 2021 | 15:46 WIB
Bupati Bandung Dadang Supriatna. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Bupati Bandung Dadang Supriatna. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCHT) yang diterima Kabupaten Bandung sebesar lebih kurang Rp16 miliar pada tahun ini, memiliki nilai kebermanfatan besar.

Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan, sektor ekonomi menjadi salah satu yang diuntungkan dengan adanya DBHCHT yang diterima oleh Pemkab Bandung. Pasalnya, dana tersebut digunakan untuk pelbagai hal baik penanganan medis, sampai peningkatan ekonomi masyarakat terutama di wilayah penghasil tembakau.

"Hasil cukai dari tembakau tidak bisa dipungkiri, sangat bermanfaat di sektor ekonomi," tutur Bupati Bandung Dadang Supriatna.

Baca Juga: DBHCHT Kabupaten Bandung untuk Meningkatkan Kualitas Pertanian

Pelbagai pelatihan peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dibiayai dari DBHCT. Baik itu berupa pelatihan, kepada petani tembakau, keluarganya, maupun pihak lainnya.

Termasuk juga peningkatan kualitas produksi petani tembakau yang ada di Kabupaten Bandung dibiayai dari dana tahunan ini.

Pemerintah pusat sendiri, kata Dadang, telah mengatur daerah dalam penggunaan DBHCHT tersebut. Di mana 25% dialokasikan untuk penegakan hukum terkait cukai ilegal.

Menurut Dadang, upaya penegakan hukum cukai ilegal tidak hanya bisa dilakukan melalui kegiatan sosialisasi. Jajarannya juga akan melakukan sejumlah upaya lainnya.

"Kami juga akan melakukan beberapa kegiatan, dalam rangka memberikan informasi kepada masyarakat. Beberapa di antaranya, kami kemas dalam bentuk spanduk, media cetak, media elektronik maupun medsos (media sosial), sehingga menarik perhatian masyarakat untuk membacanya," ujarnya.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Daftar Lengkap Korban Longsor Pangalengan

Minggu, 16 Januari 2022 | 17:10 WIB

Pengunjung Lapas Diduga Berusaha Selundupkan Narkoba

Jumat, 14 Januari 2022 | 22:18 WIB

Vaksin Booster di Kabupaten Bandung Sudah Dimulai

Jumat, 14 Januari 2022 | 18:33 WIB

Pemkab Bandung Akan Buat Perda Intoleran

Kamis, 13 Januari 2022 | 21:07 WIB

Harga Kepokmas Stabil, Namun Sepi Pembeli

Rabu, 12 Januari 2022 | 16:41 WIB
X