Inovatif! Warga Bandung Barat Ciptakan Es Robot dari Printer Bekas

- Jumat, 3 Desember 2021 | 14:25 WIB
Es robot ciptaan Yusuf Sopian, warga Kampung Babakanpari RT 02 RW 04 Desa Batujajar Timur, Kabupaten Bandung Barat. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Es robot ciptaan Yusuf Sopian, warga Kampung Babakanpari RT 02 RW 04 Desa Batujajar Timur, Kabupaten Bandung Barat. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

 

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Yusuf Sopian (50), merasakan betul dahsyatnya pandemi Covid-19 yang memukul sektor ekonomi. Usaha jual mainan dan jajanan anak yang ditekuninya bertahun-tahun, rontok.

Kebijakan PPKM berupa larangan aktivitas di tempat umum serta penerapan belajar dari rumah membuat aktivitas usaha ikut terhenti.

Warga Kampung Babakanpari RT 02 RW 04 Desa Batujajar Timur, Kabupaten Bandung Barat (KBB) itu biasa mangkal jualan maninan di Lapangan Brigif, Kota Cimahi setiap hari Minggu. Sedangkan di hari biasa, ayah tiga anak itu mengisi waktunya dengan berdagang jajanan anak di SDN Babakanpari, Kecamatan Batujajar.

Baca Juga: Diduga Akibat Cekcok Rumah Tangga, Rumah di Rongga KBB Hangus Terbakar

"Pandemi Covid-19 membuat usaha saya tak bisa jalan. Lapangan Brigif ditutup, jadi tak biasa jualan. Terus dagang sempol juga berhenti karena sekolah tutup siswanya belajar online," kata Yusuf ditemui, Rabu 1 Desember 2021.

Hilang penghasilan membuat Yusuf memeras otak lebih keras untuk cari ceruk pendapatan baru. Pasalnya, usaha jual mainan dan kuliner anak yang berlokasi di satu titik tak bisa lagi diandalkan di tengah penerapan pembatasan masyarakat (PPKM).

Akhirnya, Yusuf mendapat ide untuk menjual aneka minuman segar dengan metode asongan. Ia menilai meski aktivitas warga dibatasi dan kegiatan belajar dilakukan di rumah, namun anak-anak tetap sering bermain di luar rumah. Ruang publik tempat bermain anak-anak ini yang jadi sasaran jualannya.

"Waktu itu saya pikir kalau jualan di satu tempat pembeli tetap minim. Saya memutuskan jualan asongan minuman dari satu tempat ke tempat lain. Fokusnya tempat main anak-anak seperti, pos kamling, lapangan, dan masjid," jelasnya.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

289 Orang Daftar Anggota Panwascam di Bandung Barat

Jumat, 30 September 2022 | 17:10 WIB

Pemprov Jabar Dorong Petani Kopi Ekspor Tanpa Perantara

Jumat, 23 September 2022 | 19:07 WIB
X