UMK Bandung Barat 2022 Tak Naik, Hengky Kurniawan Siapkan Solusi Ini

- Kamis, 2 Desember 2021 | 11:11 WIB
Hengky Kurniawan berikan solusi UMK Bandung Barat 2022 tak naik. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Hengky Kurniawan berikan solusi UMK Bandung Barat 2022 tak naik. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat menetapkan upah minimum kabupaten atau UMK Bandung Barat 2022 tidak mengalami kenaikan, yakni Rp3.248.283,28.

Hal tersebut tertuang dalam Keputusan Gubernur Nomor 561/ Kep.732-Kesra/ 2021 Tanggal 30 November 2021 tentang Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) di Jawa Barat Tahun 2022.

Menanggapi hal tersebut, Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan mengeluarkan kebijakan strategis untuk membantu kaum buruh. Salah satunya, menerbitkan peraturan bupati (Perbup) tentang struktur skala upah.

Baca Juga: UMK Bandung Barat Tidak Naik, APINDO: Ridwan Kamil Sudah Tepat

Dalam aturan itu, pengusaha wajib menyusun struktur dan skala upah berdasarkan golongan, jabatan, masa kerja, pendidikan, dan kompetensi kerja. Sehingga buruh yang bekerja lebih dari satu tahun punya porsi upah berbeda tanpa mengurangi hak pengusaha untuk memberi penghargaan berdasarkan kemampuan perusahaan dan tingkat produktivitas.

"Nanti kita akan keluarkan Perbub yang mengatur tentang struktur skala upah dan diharapkan para pengusaha dapat menjalankan dengan baik," kata Hengky Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan saat dihubungi, Kamis 2 Desember 2021.

Menurutnya, kewajiban pengusaha untuk menyusun struktur dan skala upah dapat meningkatkan kesejahteraan pekerja atau buruh sekaligus mendorong peningkatan produksi, produktivitas kerja, dan peran pekerja atau buruh dalam pelaksanaan proses produksi serta kondisi ketenagakerjaan yang kondusif mendukung kelangsungan pertumbuhan dunia usaha.

"Jika berjalan baik buruh atau pun pengusaha tak akan ada yang dirugikan," jelasnya.

Hengky menambah, kebijakan lain yang bakal segera direalisasikan adalah penyediaan transportasi antar jemput bagi buruh dan penyediaan rumah murah. Dengan begitu, setidaknya dapat meringankan beban ekonomi pekerja.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Usia Waduk Saguling di Ujung Tanduk Ini Penyebabnya

Rabu, 19 Januari 2022 | 19:15 WIB

Gaji ASN Bandung Barat Diprediksi Cair Pekan Ini

Selasa, 18 Januari 2022 | 12:38 WIB
X