UMK Bandung Barat Tidak Naik, APINDO: Ridwan Kamil Sudah Tepat

- Rabu, 1 Desember 2021 | 20:02 WIB
UMK Bandung Barat tidak naik ternyata menuai respons positif dari APINDO KBB. Mereka menilai keputusan Ridwan Kamil sudah tepat. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
UMK Bandung Barat tidak naik ternyata menuai respons positif dari APINDO KBB. Mereka menilai keputusan Ridwan Kamil sudah tepat. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

UMK Bandung Barat tidak naik ternyata menuai respons positif dari APINDO KBB. Mereka menilai keputusan Ridwan Kamil sudah tepat.

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM — Pemerintah Provinsi Jawa Barat menetapkan UMK Kabupaten Bandung Barat tahun 2022 tidak mengalami kenaikan.

Hal itu tertuang dalam Keputusan Gubernur Nomor 561/ Kep.732-Kesra/ 2021 Tanggal 30 November 2021 tentang Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) di Jawa Barat Tahun 2022. 

Dalam keputusan tersebut tercatat ada 9 kabupaten yang tidak mengalami kenaikan UMK Jabar 2022 yaitu, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bandung, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Subang. 

Menanggapi hal tersebut, Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) KBB menilai keputusan Gubernur Jabar Ridwan Kamil sudah tepat karena memakai skema peraturan perundang-undangan, yakni PP nomor 36 tahun 2021 tentang pengupahan.

"Keputusan gubernur ini diberlakukan bagi pekerja yang belum 12 bulan, jadi bagi pekerja yang sudah lebih dari 12 bulan dan sudah berkeluarga, lakukanlah perundingan bipartit saja," kata Juru Bicara Apindo KBB, Yohan Ibrahim saat dihubungi, Rabu 1 Desember 2021.

Baca Juga: Pria Tua di KBB Tega Cabuli Keponakan di bawah Umur Hingga Hamil dan Melahirkan

Sementara jika buruh kembali melakukan mogok kerja dan unjuk rasa untuk menolak penetapan UMK ini, pihaknya tidak bisa melarang para buruh untuk melakukan aksi unjuk rasa karena hal tersebut sudah diatur dalam undang-undang untuk menyampaikan pendapat.

"Kalau untuk mogok kerja sudah diatur dalam keputusan menteri tenaga kerja. Lalu kalau mau menggugat juga gak masalah karena hak warga negara untuk memperoleh keputusan hukum," kata Yohan.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Usia Waduk Saguling di Ujung Tanduk Ini Penyebabnya

Rabu, 19 Januari 2022 | 19:15 WIB

Gaji ASN Bandung Barat Diprediksi Cair Pekan Ini

Selasa, 18 Januari 2022 | 12:38 WIB
X