Pemkab Bandung Wajibkan Putar Lagu Indonesia Raya dan Halo-halo Bandung

- Selasa, 30 November 2021 | 18:19 WIB

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Lagu Indonesia Raya kini wajib diputar setiap pagi pukul 07.30 WIB saat masuk jam kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung. Pada sorenya, saat jam pulang kerja, wajib diputar lagu Halo-Halo Bandung.

Perintah ini dikeluarkan melalui Surat Instruksi Bupati Bandung Nomor 1 Tahun 2021 tentang Memutar dan Memperdengarkan Lagu Indonesia Raya dan Lagu Halo Halo Bandung.

Dadang meminta seluruh jajarannya mulai dari pimpinan vertikal, para Kepala Perangkat Daerah sampai para Camat dan Kepala Desa/Lurah untuk memutar dan memperdengarkan lagu Indonesia Raya satu stanza pada setiap pagi pukul 07.30 WIB saat jam masuk kerja dan Lagu Halo Halo Bandung pada pukul 16.00 WIB saat pulang kerja.

Baca Juga: Kabupaten Bandung PPKM Level 2, Masyarakat Diminta Tetap Patuh Prokes

 

Sebelumnya, instruksi tersebut disampaikan saat bertindak sebagai Inspektur Upacara Bendera memperingati Hari Korpri ke-50, Hari Kesehatan Nasional ke -57, HUT ke 76 PGRI , Hari Guru Nasional 2021 dan Hari Bhakti ke-76 PU di Lapangan Upakarti, Soreang, Senin, 29 November 2021.

Menurut Dadang, secara bertahap Lagu Indonesia Raya dan Halo Halo Bandung itu juga akan diberlakukan di seluruh sekolah sebelum memulai kegiatan belajar mengajar, dan bahkan di pusat perbelanjaan.

Dengan instruksi tersebut, Dadang berharap, spirit kebangsaan yang mulai banyak dipersoalkan belakangan ini bisa tetap terjaga dan terawat dengan baik. Meskipun, memperdengarkan lagu Indonesia Raya setiap pagi bukan merupakan satu- satunya resep dalam merespons potensi ancaman lunturnya semangat kebangsaan.

Minimal, kata Dadang, dengan selalu mendengar lagu Indonesia Raya setiap pagi, ada perasaan dan semangat yang terpancar dari pesan lagu wajib nasional itu untuk selalu cinta tanah air dan makin merasa memiliki negeri ini.

Baca Juga: Fakta Seputar Lagu Indonesia Raya. Betulkah Dinyanyikan Pertama Kali Saat Sumpah Pemuda?

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Anggaran BTT Kabupaten Bandung Masih Besar

Selasa, 24 Mei 2022 | 19:07 WIB
X