ODGJ dan Disabilitas Cimahi Bakal Dibuatkan KTP

- Selasa, 30 November 2021 | 17:24 WIB
Disdukcapil Kota Cimahi bakal menyasar pembuatan KTP bagi kelompok disabilitas dan ODGJ.. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Disdukcapil Kota Cimahi bakal menyasar pembuatan KTP bagi kelompok disabilitas dan ODGJ.. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi bakal menyasar pembuatan kartu penduduk (KTP) bagi kelompok disabilitas dan Orang Dengan Gangguannya Jiwa (ODGJ).

Langkah ini dilakukan sebagai perwujudan bahwa pembuatan KTP merupakan hak setiap warga negara Indonesia.

Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi, hingga saat ini sudah ada sekitar 90% lebih dari total penyandang disabilitas yang sudah mengantongi KTP Elektronik.

Baca Juga: Ratusan Kolam Japung Rusak, Ribuan Ikan Lepas Diterjang Angin Kencang di Waduk Cirata

"Kalau untuk penyandang ODGJ memang masih minim, baru sekitar 10 orang yang kita layani dan terdata," kata Kepala Disdukcapil Kota Cimahi, Ipah Latifah kepada, Selasa 30 November 2021.

Khusus untuk penyandang ODGJ, kata Ipah, pihaknya akan menyisir sasaran di Kota Cimahi yang memang sudah berhak untuk mendapatkan administrasi kependudukan berdasarkan syarat usia.

Pihaknya akan bekerja sama dengan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP2KBP3A) dan Dinas Kesehatan Kota Cimahi serta aparat kewilayahan.

"Kita kerja sama dengan Dinas Kesehatan, Dinas Sosial kira-kira di mana saja kantong ODGJ. Nanti kita lihat seberapa banyak penderita ODGJ, udah punya belum," ujar Ipah.

Baca Juga: Libur Semester SD SMP di Cimahi Diundur hingga Awal Tahun

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rumah Satu Atap di Cimahi Dilalap Si Jago Merah

Selasa, 10 Mei 2022 | 15:10 WIB
X