778 Sekolah di Kota Bandung Siap Laksanakan PTM Terbatas Gelombang Tiga

- Selasa, 30 November 2021 | 13:32 WIB
Kepala Seksi Kurikulum PPSD Dinas Pendidikan Kota Bandung Jajang Hernawan. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Kepala Seksi Kurikulum PPSD Dinas Pendidikan Kota Bandung Jajang Hernawan. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
 
SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak 778 sekolah dari berbagai tingkat dinyatakan siap melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas gelombang tiga di Kota Bandung. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Seksi Kurikulum PPSD pada Dinas Pendidikan Kota Bandung Jajang Hernawan.
 
"Untuk yang gelombang 3 sisanya itu ada 778 (sekolah). Nah ini menyatakan siap sudah diverifikasi semua tinggal nunggu hasil ini. Dari mulai kemarin dan hari ini melakukan verifikasi mudah-mudahan hari ini sudah masuk (ke Gugus Tugas Covid Kota Bandung)," ujar Jajang di Balai Kota Bandung pada Selasa, 30 November 2021. 
 
Menurut Jajang, hasil verifikasi nantinya akan diserahkan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna sekaligus Ketua Harian Satgas Covid Kota Bandung. 
 
 
Jajang menjelaskan, mekanisme verifikasi sekolah untuk bisa melaksanakan PTM wajib mengikuti syarat yang ada di Aplikasi Simdik. 
 
Jika lolos, nantinya tim gugus tugas dari kewilayahan akan melakukan kunjungan lapangan untuk melakukan verifikasi terkait instrumen yang dilaporkan oleh sekolah di Aplikasi Simdik. 
 
"Setelah itu dilakukan yang namanya rapat pleno itu diketuai oleh pak camat untuk masing-masing camat dengan seluruh tim verifikator setelah itu baru akan keluar rekomendasi sekolah mana yang menyatakan siap itu yang nantinya dapat lolos untuk melakukan PTMT tahap berikutnya," lanjut Jajang. 
 
Selain itu, Jajang menjelaskan mekanisme untuk Penilaian Akhir Semester (PAS) akan diserahkan kembali ke sekolah penyelenggara. 
 
"Untuk penilaian akhir semester itu nanti disesuaikan dengan kondisi artinya ada yang mungkin nanti dilakukan sebagian di sekolah atau bisa total PJJ. Untuk (sebagian) atau total melalui aplikasi semuanya itu nanti kewenangan diserahkan ke sekolah masing-masing," pungkasnya. 
 
 
Untuk diketahui, pelaksanaan PTM terbatas di Kota Bandung sempat memicu kenaikan angka penyebaran Covid-19. 
 
Dari jumlah sampel yang sudah diperiksa hingga Jumat, 29 Oktober 2021 lalu, sebanyak 224 siswa dan 19 orang guru dinyatakan positif Covid-19 dari total 8.206 tes yang dilakukan di 190 sekolah. Namun, kini seluruhnya telah sembuh.

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sah! Kota Bandung Deklarasi Jadi Kota Angklung

Sabtu, 21 Mei 2022 | 14:30 WIB
X