Bupati Bandung Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Selama 14 Hari

- Senin, 29 November 2021 | 19:51 WIB
Bupati Bandung Dadang Supriatna menetapkan status tanggap darurat bencana selama 14 hari ke depan. Status tersebut mulai berlaku Senin, 29 November 2021. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Bupati Bandung Dadang Supriatna menetapkan status tanggap darurat bencana selama 14 hari ke depan. Status tersebut mulai berlaku Senin, 29 November 2021. (Ayobandung.com/Kavin Faza)



SOREANG, AYOBANDUNG.COM — Bupati Bandung Dadang Supriatna menetapkan status tanggap darurat bencana selama 14 hari ke depan. Status tersebut mulai berlaku Senin, 29 November 2021.

Status tanggap darurat bencana tersebut ditetapkan setelah adanya satu balita tewas tertimpa longsor di Kecamatan Pasirjambu. Dalam kejadian tersebut kedua orang tuanya harus mendapat perawatan medis di Rumah Sakit.

"Hari ini kami tetapkan status tanggap darurat bencana. Longsor bukan hanya terjadi di Pasirjambu, tapi juga di Buminagara Kutawaringin," ujar Dadang.

Baca Juga: Bangunan SDN 7 Rancaekek Ambruk!

Dengan penetapan status tanggap darurat bencana, pihak Dadang bisa mengeluarkan dana dari Belanja Tidak Terduga (BTT) untuk melakukan penanganan bencana yang terjadi di Kabupaten Bandung.

Bukan hanya untuk menangani korban, tetapi akan juga dilakukan perbaikan infrastruktur di lokasi kejadian.

"Perbaikan infrastruktur akan dilakukan menggunakan BTT. Mekanismenya tanpa lelang, jadi bisa langsung tunjuk," katanya.

Baca Juga: Bupati Bandung Minta Jajarannya Tidak Lambat Beri Bantuan Korban Bencana

Untuk kejadian longsor di Pasirjambu, kata Dadang, salah satu penyebabnya adalah TPT yang ambruk akibat tergerus air. TPT tersebut menimpa rumah korban dan menyebabkan seorang balita tewas dan orang tuanya harus dirawat di Rumah Sakit.

Baca Juga: UMK Kabupaten Bandung 2022 Direkomendasikan Naik 10%

Perbaikan infrastruktur tersebut akan dilakukan di lokasi dengan cara pembangunan TPT juga penataan drainase, supaya kejadian serupa di Pasirjambu tidak terulang di kemudian hari. [*]

 

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perbedaan SPBU, Pertashop, dan Pertamini

Jumat, 21 Januari 2022 | 13:59 WIB
X