Merdeka Belajar dalam Program MBKM di Kampung Ilmu Purwakarta Jawa Barat

- Minggu, 28 November 2021 | 20:00 WIB
Agnes (kiri) memperlihatkan pertanian teknik kaviler yang dikembangkan di Kampung Ilmu. Teknik tersebut hasil penelitian para mahasiswa yang ikut program magang MBKM. (Ayobandung.com (Mildan Abdalloh) )
Agnes (kiri) memperlihatkan pertanian teknik kaviler yang dikembangkan di Kampung Ilmu. Teknik tersebut hasil penelitian para mahasiswa yang ikut program magang MBKM. (Ayobandung.com (Mildan Abdalloh) )

PURWARKATA, AYOBANDUNG.COM-- Merdeka Belajar menjadi kata yang cocok disematkan bagi mahasiwa yang mengikuti Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Kampung Ilmu, Desa Cisarua, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Sebanyak 11 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, terpilih untuk magang di Kampung Ilmu pada pertengahan 2021 ini dan memiliki tugas yang sebagian besar tidak sesuai dengan jurusan yang diambil.

Sebagian besar mahasiswa yang magang di Kampung Ilmu, harus berjibaku dengan masalah pertanian dan peternakan.

Baca Juga: UMK Kota Bandung Diusulkan Naik Rp 117 Ribu di Tahun 2022, Jadi Rp 3,85 Juta

Tiara Tanzuziler misalnya, mahasiswa program studi Manajeman Pemasaran Pariwisata, Universitas Pendidikan Indonensia yang harus mengurusi masalah paternakan. Padahal, dia sama sekali tidak mengetahui mengurus kambing yang diurusnya.

"Jadinya harus banyak belajar," ujar mahasiswa UPI Bandung yang akrab disapa Tanzu tersebut ketika tim Fellowship Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan yang mengunjungi Kampung Ilmu, Jumat 11 November 2021 lalu.

Namun, belajar hal baru menjadi tantangan tersendiri terlebih untuk bisa membuktikan kalau mahasiswa pariwisata juga mampu mengurus bidang lain dengan belajar dan menganalisa masalah dan potensi yang bisa dikembangkan.

Baca Juga: Viral! Para Nakes Lakukan Ini Supaya Ayah Vanessa Angel Sadar, Netizen: Golden Tiket

Bahkan, Tanzu memiliki pikiran untuk mengembangkan wisata edukasi di Kampung Ilmu, baik itu dari pertanian maupun peternakan dan perikanan yang terdapat di tempat tersebut.

Tidak sesuainya program studi dengan program magang MBKM di Kampung Ilmu justru menjadi kemerdekaan belajar tersendiri bagi mahasiswa. Terlepas dari masalah carut-marut administrasi yang dirasakan oleh mahasiswa.

Halaman:

Editor: Isabella Nilam Mentari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kasus Covid Bandung Hari Ini Melonjak

Rabu, 19 Januari 2022 | 13:51 WIB

Antisipasi Omicron, ASN Bandung WFH Lagi?

Rabu, 19 Januari 2022 | 12:07 WIB
X