SMA Darul Hikam Sukses Gelar Lomba Artikel Populer 'Guruku Inspiratif, Pemuda Bangkit'

- Jumat, 26 November 2021 | 11:09 WIB
SMA Darul Hikam Bandung sukses menggelar Lomba Menulis Artikel Populer dengan tema 'Guruku Inspiratif, Pemuda Bangkit' dalam rangka menyambut Hari Guru Nasional.  (Ist)
SMA Darul Hikam Bandung sukses menggelar Lomba Menulis Artikel Populer dengan tema 'Guruku Inspiratif, Pemuda Bangkit' dalam rangka menyambut Hari Guru Nasional.  (Ist)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COMSMA Darul Hikam Bandung sukses menggelar Lomba Menulis Artikel Populer dengan tema “Guruku Inspiratif, Pemuda Bangkit” dalam rangka menyambut Hari Guru Nasional. Puluhan karya kreatif dari seluruh Indonesia yang mengikuti lomba, terinspirasi oleh sosok guru yang telah mendidik dengan baik generasi bangsa.

Ketua Pelaksana Novita mengatakan, antusiasme para peserta cukup tinggi. Dalam waktu kurang dari 1 minggu, peserta mencapai 42 orang dari berbagai belahan Indonesia, di antaranya Jombang, Samarinda, Purwakarta, Kota Bandung, dan daerah lainnya.

“Proses seleksi seperti pada umumnya, yaitu dengan cara mendaftar dan mengirimkan hasil karyanya melalui Google Form sesuai dengan batas waktu yang ditentukan. Setelah itu, masuklah pada penjurian dengan kualifikasi juri yang kompeten dan berpengalaman,” tutur guru bahasa Indonesia di SMA Darul Hikam, Jalan Supratman No 88, Kota Bandung, Jumat (28/11/2021).

Baca Juga: Darul Hikam Berbagi Bingkisan Kurban untuk Warga Terdampak Pandemi

Untuk penjurian, ungkap Novita, pihaknya ingin penilaiannya benar-benar komprehensif dan oleh juri profesional. Ketiga juri berasal dari Ketua Asosisi Guru Bahasa Indonesia Jajang Priatna, dosen Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Sigit Pramono, serta editor dan CEO beritabaik.id Avitia Nurmatari.

Berdasarkan respons juri saat acara puncak Lomba Menulis Artikel Populer ini, Novita menerangkan, juri sangat mengapresiasi baik. Dengan para siswa dilatih untuk menulis artikel ini, para siswa dapat mengekspresikan gagasannya secara utuh dalam tulisan dan menggambarkan bagaimana guru inspiratif yang dapat membuat para pemuda untuk selalu bersemangat dan selalu ingin bangkit untuk berkarya.

Menurut Novita, lomba ini juga mengasah kemampuan menulis generasi muda Indoneaia. Hal ini sejalan dengan program pemerintah yang ingin meningkatkan kemampuan literasi para pemuda Indonesia. Bertajuk “Guruku Inspiratif, Pemuda Bangkit” karena pihaknya ingin mengetahui lebih detail bagaimana sosok seorang guru inspiratif yang dapat membuat para pemuda dapat bangkit, kreatif, dan berkarya.

“Harapan dari lomba ini ke depannya, semoga dapat meningkatkan antusiasme menulis para siswa untuk dipublikasi. Selain itu, karya-karya terbaik bekerja sama dengan Asosiasi Guru Bahasa dan Sastra Indonesia (AGBSI) akan dibukukan sehingga dapat diapresiasi oleh banyak generasi muda lainnya,” ucapnya.

Baca Juga: SD Darul Hikam Lahirkan Puluhan Penghafal Al-Qur'an Setiap Tahun

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Vaksinasi Kota Bandung Capai 99 Persen

Senin, 6 Desember 2021 | 12:35 WIB

Jadwal SIM Keliling Bandung Hari Ini 6 Desember 2021

Senin, 6 Desember 2021 | 05:00 WIB

Lokasi Ganjil Genap Bandung dan Aturan Lengkapnya

Minggu, 5 Desember 2021 | 06:00 WIB
X