Bangunan Pasar Ambruk Diterjang Bencana, Disperindag Ngaku Tak Punya Wewenang

- Kamis, 25 November 2021 | 19:52 WIB
Bangunan Pasar Sabtu ambuk diterjang bencana Kamis 18 November 2021. Namun, wewenang renovasi Pasar Sabtu ambuk ini ada di pihak desa. (Ayobandung.com/Ist)
Bangunan Pasar Sabtu ambuk diterjang bencana Kamis 18 November 2021. Namun, wewenang renovasi Pasar Sabtu ambuk ini ada di pihak desa. (Ayobandung.com/Ist)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Bangunan Pasar Sabtu ambuk diterjang bencana, pada Kamis 18 November 2021 lalu. Lokasi pasar ini berada di Kampung Pasirjaya RT 02 RW 17, Desa Gununghalu, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Terkait hal itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyebutkan, wewenang renovasi Pasar Sabtu ambuk ini ada di pihak desa.

Kepala Disperindag KBB, Ricky Riyadi mengatakan pasar tersebut merupakan pasar desa dan berdiri di tanah carik desa. Sementara Disperindag berkewenangan terhadap pasar-pasar yang dikelola pemerintah daerah dan berdiri di tanah milik pemda. 

Baca Juga: 5 Puisi Hari Guru 2021 Singkat yang Menyentuh Hati dan Sedih untuk anak TK, SD, SMP, SMA

"Kami sudah mendapatkan tembusan laporan dari Pemdes Gununghalu soal bangunan pasar yang ambruk. Tapi tidak bisa berbuat banyak, termasuk tidak bisa menganggarkan untuk perbaikannya, karena itu pasar desa yang kewenangannya di desa," jelasnya, Kamis 25 November 2021. 

Pihaknya hanya bisa membantu mengarahkan pihak desa agar membuat tembusan laporan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD). Sebab kewenangan dan pengelolaan untuk pasar desa di ranah pemerintah daerah ada di dinas tersebut. 

Baca Juga: 35 Ucapan Selamat Hari Guru 2021 yang Singkat dan Menyentuh Hati, Cocok untuk Status WA, FB, IG

"Saya sudah sampaikan hal tersebut kepada Pa Camat dan Pa Kades agar buat surat juga ke DPMD, supaya ada korelasinya," kata dia. 

Pihaknya juga mengaku prihatin dengan kejadian yang menimpa Pasar Desa Gununghalu. Kondisi Pasar Sabtu ambuk itu terjadi akibat cuaca ekstrem hujan yang disertai angin kencang, beruntung tidak ada korban jiwa atau luka dalam peristiwa tersebut. Semoga hal tersebut tidak sampai terjadi lagi ke depannya.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Irigasi Meluap, 8 Rumah di Ngamprah Terendam Banjir

Jumat, 26 November 2021 | 18:33 WIB

Usulan UMK KBB 2022 Naik 7 Persen, Ini Komentar Apindo

Kamis, 25 November 2021 | 19:19 WIB
X