ANBK SD Kabupaten Bandung Bermasalah, Banyak Siswa Tak Terbiasa Gunakan Komputer

- Kamis, 25 November 2021 | 19:09 WIB
Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK SD di Kabupaten Bandung, masih menyisakan sejumlah permasalahan, salah satunya adalah banyak siswa tidak terbiasa menggunakan komputer.Iilustrasi (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK SD di Kabupaten Bandung, masih menyisakan sejumlah permasalahan, salah satunya adalah banyak siswa tidak terbiasa menggunakan komputer.Iilustrasi (Ayobandung.com/Kavin Faza)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK SD di Kabupaten Bandung, masih menyisakan sejumlah permasalahan, salah satunya adalah banyak siswa tidak terbiasa menggunakan komputer.

Hal tersebut terungkap ketika Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf Macan efendi, melakukan monitoring pelaksanaan ANBK di Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis 25 November 2021.

"Ini menjadi salah satu kendala, banyak siswa SD yang belum terbiasa menggunakan komputer," ujar Dede.

Baca Juga: 5 Puisi Hari Guru 2021 Singkat yang Menyentuh Hati dan Sedih untuk anak TK, SD, SMP, SMA

Sebagian besar siswa SD, kata Dede, memang terbiasa menggunakan internet, terlebih selama lebih dari satu tahun terakhir belajar daring.

Namun perangkat yang digunakan bukan komputer, melainkan telepon genggam. Bahkan, siswa baru dikenalkan dengan komputer beberapa hari sebelum UNBK.

"Jadi para siswa kebanyakan menggunakan komputer baru diajarkan beberapa waktu sebelumnya oleh guru, pakai laptop gurunya. Tapi rata-rata mereka bisa. Tinggal pengaturannya saja," katanya.

Baca Juga: 30 HP Samsung Terbaru 2021, Yuk Cek Daftar Harganya

Kondisi permasalahan ANBK SD di Kabupaten Bandung tersebut baru termonitor di wilayah perkotaan, sementara di perdesaan dimungkinkan hampir seluruh siswa belum terbiasa menggunakan komputer.

Selain itu, kendala yang dihadapi dalam ANBK SD di Kabupaten Bandung adalah perangkat atau server. Di wilayah perkotaan saja, tidak sedikit sekolah yang tidak memiliki perangkat, sehingga terpaksa menumpang di sekolah lain.

Baca Juga: 35 Ucapan Selamat Hari Guru 2021 yang Singkat dan Menyentuh Hati, Cocok untuk Status WA, FB, IG

"Tentu ke depan pemerintah harus bertanggung jawab memfasilitasi TIK. Harus ditingkatkan dan diperbanyak. Hanya nanti jumlah kepastiannya berapa kami belum bisa menjawab karena anggaran di Kemendikbud banyak pengurangan (refocusing). Selama masih pandemi kita tidak punya komitmen untuk menambah atau mengurangi,"tutupnya.

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ribuan Orang Ikuti Gebyar Vaksinasi Polresta Bandung

Selasa, 30 November 2021 | 16:40 WIB

Pemadaman Listrik Hari Ini di Bandung 30 November 2021

Selasa, 30 November 2021 | 09:47 WIB

Bangunan SDN 7 Rancaekek Ambruk!

Senin, 29 November 2021 | 14:21 WIB

UMK Kabupaten Bandung 2022 Direkomendasikan Naik 10%

Sabtu, 27 November 2021 | 15:00 WIB

Pertama Kali, Fashion Show di Kebun Teh Pangalengan

Jumat, 26 November 2021 | 17:05 WIB
X