Jalan Kota Bandung Rusak, Perbaikan Minim Anggaran

- Kamis, 25 November 2021 | 16:19 WIB
Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) kota Bandung, Didi Ruswandi; Beberapa ruas jalan di Kota Bandung mulai mengalami kerusakan. Jalan Kota Bandung rusak terjadi di bagian samping jalan. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) kota Bandung, Didi Ruswandi; Beberapa ruas jalan di Kota Bandung mulai mengalami kerusakan. Jalan Kota Bandung rusak terjadi di bagian samping jalan. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
 
 
LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Memasuki musim penghujan, beberapa ruas jalan di Kota Bandung mulai mengalami kerusakan. Hal ini diakibatkan oleh genangan air yang tidak tersalurkan dengan baik oleh drainase. 
 
Menurut pantauan Ayobandung.com, beberapa titik jalan Kota Bandung rusak terjadi di bagian samping jalan seperti di Jalan Ibrahim Adjie tepatnya di perempatan Kiaracondong arah Jalan Jakarta. 
 
Selain itu, Jalan Sukabumi juga mengalami kerusakan sehingga saat dilalui mengakibatkan pengendara harus berhati-hati. 
 
 
Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) kota Bandung, Didi Ruswandi mengakui, perbaikan jalan di kota Bandung tidak bisa dilakukan secara optimal.
 
Menurut Didi, hal ini terjadi akibat anggaran perbaikan jalan dalam 3 tahun terakhir kurang memadai. Anggaran yang tersedia hanya dikisaran Rp50-an miliar. Padahal, kata didi, angka ideal untuk pemeliharaan jalan mencapai Rp380 miliar. 
 
 
"Survei semester pertama kemarin pemantapan jalan di 91,87 persen. Memang masih di bawah target di 93 persen," kata Didi di Balaikota Bandung pada Kamis, 25 November 2021.
 
Didi mengungkapkan, dari survei pertengahan semester lalu juga didapati 90 persenan lebih lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) masih menyala. 
 
Selain itu, masalah genangan air saat musim penghujan, di klaim Didi, mengalami banyak perkembangan positif jika dikomparasi pada tahun 2019 lalu.
 
 
Hal itu terlihat dari jumlah genangan yang terpantau saat ini hanya terdapat di 25 lokasi itupun yang masih rutin muncul di 6-11 titik saja. 
 
"Titik genangan (jalan Kota Bandung rusak) tertangani 67 persen, ini melebihi target. Drainase sekitar 60 persen dalam kondisi baik karena kita terus melakukan pengerukan. Ditambah lagi kita terus upayakan membuat kolam retensi. Sekarang sudah ada 8 kolam retensi," pungkasnya.

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hujan Deras Guyur Gedung Sate, Buruh Tetap Bergeming

Selasa, 30 November 2021 | 14:58 WIB

Perayaan Tahun Baru 2022 di Bandung Dilarang!

Selasa, 30 November 2021 | 10:23 WIB

PSI Walk Out Saat Rapat RAPBD, Ini Tanggapan Oded

Senin, 29 November 2021 | 16:03 WIB
X