Pasar Kreatif Bandung 2021 Raup Omzet hingga Rp4,2 Milliar

- Selasa, 23 November 2021 | 12:34 WIB
Ketua Dekranasda Kota Bandung Siti Muntamah Oded mengatakan, Pasar Kreatif Bandung mendulang omzet hingga Rp4,2 miliar dalam Bandung Menjawab, Selasa, 23 November 2021. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Ketua Dekranasda Kota Bandung Siti Muntamah Oded mengatakan, Pasar Kreatif Bandung mendulang omzet hingga Rp4,2 miliar dalam Bandung Menjawab, Selasa, 23 November 2021. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
 
SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bandung Siti Muntamah Oded mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk mengambil peran dalam misi Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). 
 
Di Kota Bandung, Dekranasda menjalin kerja sama dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) maupun Dinas UMKM untuk menggelar berbagai kegiatan untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi khususnya di Kota Bandung.
 
Perempuan yang kerap disapa Umi Oded tersebut mengungkapkan, pihaknya bersama Disdagin, Dinas KUMKM serta Disbudpar dalam menggelar Pasar Kreatif dengan melibatkan 252 pelaku usaha UKM di 9 mal di Kota Bandung. 
 
 
Hasilnya, kegiatan tersebut mampu meraup omzet hingga Rp4,2 milliar. Angka itu melampaui dari capaian tahun lalu yang hanya menyentuh angka Rp1,6 miliar.
 
"Ketika kita jumlahkan, omzet Rp4 milliar 270 juta, itu hanya pasar kreatif," kata Umi, di Taman Dewi Sartika, Balai Kota Bandung, Selasa, 23 November 2021.
 
Umi Oded mengungkapkan, terdapat berbagai produk yang disuguhkan dalam kegiatan Pasar Kreatif yang digelar 17 September hingga 21 November tersebut. 
 
Namun, dari hasil evaluasinya, sektor fashion masih menjadi pilihan utama dalam Pasar Kreatif 2021.
 
"Bahwa ternyata produk yang paling diminati sebanyak 74%-nya itu fashion, jadi ungkapan fashion city kota bandung itu sudah tepat, Batiknya, selera anak mudanya, assesoris lucu-lucu, rajut, dan lainnya" ungkapnya.
 
 
Umi Oded menambahkan, selain Pasar Kreatif, pihaknya juga menggelar berbagai kegiatan lain seperti Bandung Hijab Fest, Beli Lokal Online, hingga Bandung Week Market Di Bali. Menurutnya, dari berbagai kegiatan tersebut, omzet yang diraup mencapai Rp9,8 milliar.
 
"bahwa Dekranasda mencangkan dan mem-planing omzet untuk kegiatan PEN awalnya Rp6 milliar. alhamdulilah omzet yang diperoleh lebih dari target," ujarnya.

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Segini Tarif Tol Cisumdawu Setelah Gratis Dua Pekan

Selasa, 25 Januari 2022 | 13:44 WIB

Jalan Ali Sadikin Diusulkan Jadi Nama Tol Cisumdawu

Selasa, 25 Januari 2022 | 10:37 WIB
X