Hengky Kurniawan Janjikan UMK KBB Naik, Orasi Sambil Naik Mobil Komando

- Senin, 22 November 2021 | 15:35 WIB
Hengky Kurniawan janjikan UMK KBB Naik. Jika memang ada celah aturan, ia bakal mengupayakan rekomendasi kenaikan kepada Pemprov Jabar.  (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Hengky Kurniawan janjikan UMK KBB Naik. Jika memang ada celah aturan, ia bakal mengupayakan rekomendasi kenaikan kepada Pemprov Jabar. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

Hengky Kurniawan janjikan UMK KBB naik. Jika memang ada celah aturan, ia bakal mengupayakan rekomendasi kenaikan kepada Pemprov Jabar. 

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM — Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan menemui langsung massa buruh yang menggelar aksi demonstrasi, Senin 22 November 2021.

Aksi tersebut dilakukan menolak UMK yang ditetapkan berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang pengupahan karena formulasi tersebut dinilai tidak bisa mensejahterakan para buruh. Buruh minta pemerintah menaikkan UMK 2022 sebesar 10 persen. 

Pantauan di lokasi, Hengky Kurniawan yang mengenakan seragam coklat ASN bahkan naik langsung ke mobil komando dan berorasi.

Ia menjanjikan jika memang ada celah aturan, bakal mengupayakan rekomendasi kenaikan UMK KBB 2022 naik kepada Pemprov Jabar. 

"Pemda KBB akan berupaya menaikan UMK tahun 2022 apabila ada celah (aturan) saya akan rekomendasikan ke gubernur," papar Hengky di atas mobil komando.

Hengky Kurniawan meminta buruh memberikan saran dan masukan skema seperti apa yang bisa dipakai supaya UMK bisa naik. Oleh karena itu sejumlah perwakilan buruh diminta duduk bersama untuk membahas hal itu secara teknis. 

Di hadapan massa buruh, Hengky juga menyiapkan sejumlah langkah apabila UMK tetap tak bisa naik. Ia berjanji menyiapkan angkutan khsusus buruh dan rumah murah agar biaya transportasi dan uang membeli hunian ringan. 

"Kita akan upayakan (upah) naik kalau ada celah, tapi apabila tidak bisa naik, pemerintah akan mempersiapkan mobil antar jemput dan rumah murah bagi buruh. Kita harap ini bisa meringankan," jelasnya. 

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Irigasi Meluap, 8 Rumah di Ngamprah Terendam Banjir

Jumat, 26 November 2021 | 18:33 WIB

Usulan UMK KBB 2022 Naik 7 Persen, Ini Komentar Apindo

Kamis, 25 November 2021 | 19:19 WIB
X