Buruh Ancam Demo di Gerbang Tol Padalarang, karena Titik Aksi Jauh dari Kantor Pemda KBB

- Senin, 22 November 2021 | 15:00 WIB
Mereka bahkan lebih memilih aksi di depan Gerbang Tol Padalarang dari pada menggelar aksi terlalu jauh dari kantor Pemda KBB.  (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Mereka bahkan lebih memilih aksi di depan Gerbang Tol Padalarang dari pada menggelar aksi terlalu jauh dari kantor Pemda KBB. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

Mereka bahkan lebih memilih aksi di depan Gerbang Tol Padalarang dari pada menggelar aksi terlalu jauh dari kantor Pemda KBB

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM — Ribuan buruh menggelar aksi long march dari kawasan industri Batujajar dan Citatah menuju kantor Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB), Senin 22 November 2021. 

Aksi tersebut dilakukan menolak kenaikan UMK yang ditetapkan berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang pengupahan karena formulasi tersebut dinilai tidak bisa mensejahterakan para buruh

Pantauan di lokasi, ribuan buruh memasuki kompleks Pemda Bandung Barat sekitar pukul 13:30 WIB. Masa aksi sempat memanas, pasalnya saat memasuki kompleks Pemda jalan menuju kantor bupati diblokade.

Buruh meminta aparat kemanan membuka blokade dan mengizinkan lokasi aksi lebih dekat dengan kantor bupati agar aspirasi lebih bisa didengar. Namun aparat keamanan bergeming, jalan itu tetap ditutup.

Kondisi ini memicu reaksi buruh untuk memilih balik kanan. Mereka bahkan lebih memilih aksi di depan Gerbang Tol Padalarang dari pada menggelar aksi terlalu jauh dari kantor Pemda KBB

"Kita gak pernah diblokade sejauh ini. Kita gak pernah kejadian seperti ini. Inilah regulasi pemerintah yang gak memperhatikan buruh," kata Sekretaris Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Jawa Barat, Dede Rahmat melalui pengeras suara. 

Baca Juga: Buruh Bandung Barat Mogok Massal: Blokade Jalan hingga Sweeping ke Setiap Perusahaan 

"Kalau tidak dibuka kita mending balik kanan demo blokade di Tol Padalarang. Saya minta kami lebih dekat, kita jamin kondusif sejak pemekaran tidak pernah terjadi seperti ini," tambah Dede. 

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tenaga Honorer Dihapus 2023, TKK Bandung Barat Cemas

Senin, 24 Januari 2022 | 17:47 WIB
X