Kompleks Puri Cipageran Mendadak Jadi Sungai, Dampak TPT Runtuh di Cimahi

- Jumat, 19 November 2021 | 20:36 WIB
Kompleks Puri Cipageran, Kota Cimahi, direndam banjir dan mendadak jadi sungai deras, pada Jumat 19 November 2021 sore. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Kompleks Puri Cipageran, Kota Cimahi, direndam banjir dan mendadak jadi sungai deras, pada Jumat 19 November 2021 sore. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM — Kompleks Puri Cipageran, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, direndam banjir dan mendadak jadi jalur sungai deras, pada Jumat 19 November 2021 sore.

Peristiwa bencana ini dipicu hujan dengan intensitas tinggi yang berlangsung cukup lama. Sehingga menyebabkan debit air sungai tak tertampung. 

Bencana banjir juga menyebabkan tembok satu rumah di RT 06/24, Kelurahan Cipageran, jebol setelah tertimpa Tembok Penahan Tanah (TPT).

Karena saluran tertutup, air dari aliran sungai disamping TPT itu merangsek ke rumah warga hingga membanjiri permukiman dan kompleks itu berubah jadi jalur sungai.

"Ini Akibat debit air tinggi saat hujan tadi, kirmir ambruk kemudian menimpa dinding rumah warga sampai jebol juga. Materialnya menutup saluran air kemudian air berbelok ke rumah tersebut dan membanjiri permukiman," kata Lurah Cipageran, Rully Sulfanorida.

Baca Juga: 8 Banjir Besar yang Pernah Terjadi di Cikapundung

Meski kini berangsur surut, namun satu rumah tersebut tidak bisa dihuni untuk sementara waktu sebab mengalami kerusakan parah. Beruntung air tak sampai masuk ke rumah warga lainnya hanya membanjiri jalan di permukiman tersebut. 

Saat ini pihaknya juga langsung melakukan penanganan sementara dengan normalisasi aliran sungai dari material TPT yang menghalangi laju air. Kemudian mengarahkan air ke saluran supaya tak membanjiri permukiman.

"Kita alihkan airnya supaya tidak masuk ke pemukiman. Dengan kondisi ini kita langsung upayakan perbaikan sementara," ucap Rully.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X