11 Wilayah KBB Rawan Bencana, BPBD Buat Posko Siaga

- Jumat, 19 November 2021 | 20:10 WIB
Akibat longsor, Jalan Raya Cipatat ke Saguling masih dibatasi untuk dilalui kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Akibat longsor, Jalan Raya Cipatat ke Saguling masih dibatasi untuk dilalui kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM — Sebanyak 11 Kecamatan di Kabupaten Bandung Barat (KBB) masuk dalam wilayah rawan bencana longsor, banjir, dan angin puting beliung, di tengah cuaca ekstrem saat ini. 

Untuk menjaga kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bakal membuat Posko siaga bencana yang bertempat di kantor kecamatan.  

Nantinya, di posko tersebut bakal ada petugas yang siaga selama 24 jam untuk melakukan penanganan jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam dan tentunya petugas bisa langsung melakukan evakuasi warga terdampak secepat mungkin.

Kepala Pelaksana BPBD KBB, Duddy Prabowo mengatakan, rencananya posko siaga bencana tersebut bakal disiapkan di 11 kecamatan yang masuk kategori rawan longsor maupun banjir bandang.

"Di kabupaten juga ada, nanti rencananya di setiap kecamatan yang rawan akan disiapkan posko siaga bencana," kata Duddy, Jumat 18 November 2021.

Baca Juga: Musim Hujan Segera Tiba, Jabar Rawan Longsor

BPBD mencatat ada 11 kecamatan yang masuk kategori rawan longsor dan banjir bandang itu yakni, Kecamatan Rongga, Gununghalu, Cipongkor, Sindangkerta, Cililin, Cipatat Saguling, Cisarua, Parongpong, Lembang, dan Ngamprah.

Duddy mengatakan, posko siaga bencana tersebut sebagai tindak lanjut dari penerapan status siaga darurat yang diterapkan sejak 1 November hingga akhir April 2021 mendatang karena selama ini  wilayah KBB terus digempur bencana longsor dan banjir.

"Nanti personel akan kita maksimalkan, bakal ada piket 24 jam. Alat berat juga akan kami siapkan untuk menangani longsor yang terjadi di jalan," kata Duddy.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tenaga Honorer Dihapus 2023, TKK Bandung Barat Cemas

Senin, 24 Januari 2022 | 17:47 WIB
X