Pemkab Bandung Barat Belum Putuskan Tutup Objek Wisata Selama PPKM Level 3

- Jumat, 19 November 2021 | 15:48 WIB
Lembang Park and Zoo. Penutupan objek wisata selama PPKM level 3. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Lembang Park and Zoo. Penutupan objek wisata selama PPKM level 3. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah pusat bakal menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 di seluruh Indonesia mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Langkah ini diambil untuk menekan mobilitas warga selama libur Natal dan tahun baru.

Terkait kebijakan tersebut, Pemkab Bandung Barat belum bisa memutuskan apakah akan melakukan penutupan terhadap sejumlah destinasi wisata. Pasalnya, KBB belum mengkaji secara rinci aturan itu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB Heri Partomo mengatakan, pada penerapan PPKM Level 3 sebelumnya, objek wisata di Bandung Barat ditutup mengikuti kebijakan pemerintah pusat. Namun untuk PPKM Level 3 akhir tahun nanti, pihaknya belum bisa memastikannya.

Baca Juga: Wisata Lembang Dibatasi, Hindari Dampak Bencana Akibat Cuaca Ekstrem

"Belum (ada kepastian ditutup atau tidak). Tapi mau seperti apa dan bagaimana nanti dilihat lagi kebijakan dari pusatnya," kata Heri saat dihubungi pada Jumat 19 November 2021.

Namun, kata dia, Pemkab Bandung Barat dan pengelola objek wisata berharap objek wisata tetap dibuka meski ada penerapan PPKM Level 3. Sebab, kondisi bisnis pariwisata di Bandung Barat saat ini mulai pulih setelah dihantam pandemi Covid-19.

Baca Juga: Warga Bandung Tak Disyariatkan Sholat Gerhana Bulan 19 November 2021, Ini Penjelasan MUI

Menurutnya, kunjungan wisatawan di Bandung Barat khususnya kawasan wisata Lembang kini mulai meningkat. Meski begitu, Heri menjamin objek wisata di Bandung Barat tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

"Tapi kebijakannya dari pusat harus tutup ya apa boleh buat, kita harus bisa menyesuaikan itu," ujar Heri.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X